Jumat, 19 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Perhutani Perketat Keamanan Hutan

09 Juni 2018, 19: 00: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

DIPERIKSA: Dua anggota Perhutani memeriksa beberapa pohon jati yang baru ditebang di Hutan Karetan, Kecamatan Purwoharjo, kemarin (8/6).

DIPERIKSA: Dua anggota Perhutani memeriksa beberapa pohon jati yang baru ditebang di Hutan Karetan, Kecamatan Purwoharjo, kemarin (8/6). (BAGUS RIO/JPRG)

Share this          

PURWOHARJO - Pohon jati yang kering di sekitar BKPH Ka­retan, dan itu rawan terjadi pen­curian, langsung di respons oleh Perhutani KPH Banyu­wangi Selatan. Mereka langsung mener­junkan petugasnya untuk me­ngecek di lapangan, kemarin (8/6).

Pohon jati banyak yang ambruk di se­kitar hutan Karetan, Desa Karetan, Keca­matan Purwoharjo, kini dijaga ketat oleh anggota Perhutani. Dalam sehari, mereka bergantian melakukan penjagaan, teru­tama di sekitar petak 68C tersebut. “Itu memang lokasi penebangan, tetapi tidak ada pohon yang roboh,” ujar Kepala BKPH Karetan, Widodo.

Menurut Widodo, di lokasi petak 68C itu memang akan dilakukan penebangan. Tapi karena kurangnya armada pengangkut dan pemotong pohon, membuat sejumlah pohon yang sudah ditebang diangkut. Pohon yang sudah kering, juga belum sempat ditebang. “Kita memang keku­rangan armada, apalagi saat ini bulan puasa, tenaga juga kurang,” katanya.

Di petak 68C tersebut, lanjut dia, me­mang akan dilakukan penebangan dengan luas lahan dua hektare. Di hutan itu ting­kat kesuburan tanah 1,0, untuk pro­duksi kayu pekakas sebanyak 146 pohon se­panjang 18 meter kubik. “Ini sudah terdata,” ujarnya.

Banyaknya kayu yang berserakan itu, masih kata dia, karena belum ada armada pengangkut yang siap. Saat ini, armada pengangkut hanya ada satu. “Ini hanya keterbatasan personel saja, mandor dan armadanya juga terbatas,” jelasnya.

Dalam setiap hari, pihaknya sudah me­nugaskan petugas untuk keamanan. Bahkan, di wilayah hutan Karetan juga ada LMDH yang ikut mengamankan wilayah hutan. “Saya yakin untuk wilayah Karetan itu aman, karena kita melibatkan warga dalam pengamannya,” tuturnya.

Seperti yang diberitakan harian ini sebelumnya, pohon jati yang siap tebang di tengah hutan daerah BKPH Karetan, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, wilayah Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, rawan terjadi pencurian. Pohon jati yang ada banyak yang kering dan ambruk, Rabu (6/6).

(bw/rio/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia