Sabtu, 25 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Genteng

Truk Bermuatan Snack Terguling di Kumitir

Diduga Rem Blong, Dua Jam Macet Total

08 Juni 2018, 19: 15: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

MACET TOTAL: Truk fuso terguling melintang di badan jalan raya Kumitir, warga membantu membersihkan kardus berisi snack yang berserakan di jalan, kemarin (7/6).

MACET TOTAL: Truk fuso terguling melintang di badan jalan raya Kumitir, warga membantu membersihkan kardus berisi snack yang berserakan di jalan, kemarin (7/6). (POLSEK KALIBARU FOR RABA)

KALIBARU - Diduga karena rem blong, truk fuso Mitsubishi dengan nomor polisi BA 8844 AN yang sedang mengangkut snack, terguling di jalur Gunung Kumitir, wilayah Desa Kalibaru Manis, Kecamatan Kalibaru, kemarin (7/6).

Truk yang disopiri Hariyono, 51, warga Dusun Kemiren, Desa/Kecamatan Singojuruh, itu terguling sekitar pukul 03.00. Badan truk yang melintang di badan jalan raya, sempat membuat jalur selatan jurusan Banyuwangi-Jember macet total selama dua jam lamanya. Muatan berupa snack dengan berat 50 ton, tumpah ke badan jalan raya.

Jalan utama di jalur selatan itu mulai macet total sekitar pukul 03.00 hingga pukul 05.00. Gara-gara jalan tertutup truk, antrean kendaraan sampai mengular dengan panjang enam kilometer dari dua arah. Warga yang ada di sekitar lokasi, sempat gotong royong mengevakuasi kardus berisi makanan ringan yang berserakan di jalan raya. “Setelah barang-barang dievakuasi, kita berlakukan buka tutup,” cetus Kanit Lantas Polsek Kalibaru, Ipda Nanang Wardhana.

Menurut Nanang, truk fuso yang terguling itu saat kejadian meluncur dari arah barat atau Jember. Saat tiba di lokasi kejadian dengan jalan turun dan menikung, tiba-tiba remnya blong. “Lokasinya itu diatasnya patung gandrung,” ungkapnya.

Rem tidak berfungsi dengan kondisi jalan menurun, Hariyono yang mengendalikan setir tidak bisa menguasai kendaraan, dan akhirnya terguling. “Saat terguling posisi truk melintang di badan jalan,” cetusnya.

Untungnya tidak ada korban dalam kecelakaan itu, sopir truk juga selamat dan hanya mengalami luka lecet. Di sekitar lokasi, kebetulan juga tidak ada kendaraan atau warga. “Barang-barang yang dibawa banyak yang rusak,” ujarnya.

Truk yang terguling itu baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 10.00. Muatan yang tumpah ke jalan, dipindahkan ke truk lainnya. “Truk masih bisa jalan,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Genteng,” katanya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia