Rabu, 22 Aug 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Sepeda Anak Bekas Makin Diburu

Kamis, 07 Jun 2018 19:00 | editor : Bayu Saksono

GOSOK: As’ad membersihkan komponen kereta dorong bekas yang akan dijual di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, kemarin (6/6).

GOSOK: As’ad membersihkan komponen kereta dorong bekas yang akan dijual di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, kemarin (6/6). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

SEMPU – Penjual barang bekas, terutama sepeda anak akhir-akhir ini ketiban untung. Sebab banyak pembeli yang memburu untuk diberikan kepada anaknya. Barang yang paling banyak dicari adalah kereta dorong balita dan sepeda gayung untuk anak usia enam hingga tujuh tahun.

Meskipun tergolong barang rongsokan, namun kualitas barang yang jual itu masih tergolong layak untuk digunakan. “Saya dapat barang dari pengepul barang rong­sokan,” cetus As’ad, 53, warga Dusun Nganjukan, Desa Karang­sari, Kecamatan Sempu.

As’ad mengaku setiap seminggu sekali mendapatkan barang rongsokan dari pengepul. Ada ber­bagai jenis sepeda dengan kon­disi yang tidak bagus dan harus diperbaiki. “Untuk memperbaiki sepeda itu, harus teliti agar pembeli mau mmebeli dengan harga tinggi,” ujarnya.

Untuk satu unit kereta dorong balita yang sudah dibersihkan dan layak pakai, dia membandrol dengan harga Rp 75 ribu. Sedang­kan untuk sepeda anak bekas, dijual dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per unit. “Kalau dibilang murah ya memang segitu harga pasarannya. Kalau dijual mahal, bisa tidak laku,” ungkapnya.

Agara terlihat seperti baru, As’ad membersihkan seluruh komponen sepeda, dan tidak ada bekas kotoran yang menempel pada bagian sepeda. Setelah diber­sihkan, biasanya dia mengecat kembali agar harganya bisa dinaikan dan terlihat menarik. “Harus pinter-pinter memper­bai­kinya,” terangnya.

Untuk mengakali agar pembeli puas dengan barang yang dijual, As’ad memberi garansi selama satu bulan service. Meskipun ba­rang yang dijual ini barang bekas, tapi kualitasnya dijamin. “Kalau pembeli puas pasti akan kembali lagi dan membeli lagi,” ungkapnya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia