Rabu, 13 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

1.355 Lembar Surat Suara Rusak

06 Juni 2018, 20: 30: 44 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

LOGISTIK PILGUB : Petugas KPU Banyuwangi mengeluarkan kotak suara dari gudang untuk dikirim ke PPK sebelum digunakan pada 27 Juni 2018.

LOGISTIK PILGUB : Petugas KPU Banyuwangi mengeluarkan kotak suara dari gudang untuk dikirim ke PPK sebelum digunakan pada 27 Juni 2018. (DITHA FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi  sudah menyelesaikan proses pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  (Pilgub). Dari 1.290.513 lembar surat suara yang diterima, ditemukan 1.355 lembar surat suara rusak dan tidak bisa digunakan.

 Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik KPU Dwi Anggarini mengatakan, KPU telah merampungkan proses sortir dan pelipatan surat suara Pilgub Jatim 2018. ”Surat suara yang rusak sudah kami kirim ke KPU Jatim. Namun sampai saat ini, kami belum mendapat pengganti surat suara yang rusak tersebut,” kata Dwi.

Sementara itu, beberapa logistik mulai disebar ke kantor kecamatan itu kemarin (4/6). Logistik yang mulai disebar yaitu 2.995 kotak suara dan 5.660 bilik suara.

Dwi Anggarini menjelaskan, proses pengiriman logistik Pilgub Jatim 2018 dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, logistik yang dikirim meliputi 2.995 kotak suara dan 5.660 bilik suara.

Dikatakan, sebanyak 2.995 kota suara tersebut didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan di 2.830 tempat pemungutan suara. Masing-masing TPS mendapat alokasi satu kotak suara. Sedangkan sisanya, yakni 125 kotak suara akan digunakan untuk proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Masing-masing kecamatan mendapat alokasi lima kotak suara. ”Sedangkan untuk bilik suara, masing-masing TPS mendapat alokasi dua unit,” ujarnya.

Dwi menuturkan, pihaknya melibatkan empat armada truk untuk proses distribusi kotak dan bilik suara. ”Target kami, proses distribusi kotak dan bilik suara tuntas dalam tiga hari,” tuturnya.

Dwi menambahkan, pendistribusian logistik Pilgub Jatim tahap kedua akan dilaksanakan usai cuti panjang Idul Fitri. Logistik yang akan dikirimkan pada tahap kedua tersebut meliputi surat suara, tinta, dan lain-lain. ”Kenapa kami distribusikan dalam dua tahap? Karena kalau dikirim secara bersamaan setelah Lebaran, kami khawatir waktu yang tersedia tidak mencukupi,” imbuhnya.  (sgt/afi)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia