Sabtu, 25 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

PPDB Semi Online Bebas Zonasi

04 Juni 2018, 18: 30: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

PPDB Semi Online Bebas Zonasi

BANYUWANGI – Kesempatan terakhir bagi lulusan SMP/MTs un­tuk bisa melanjutkan studi ke SMA/SMK negeri melalui jalur prestasi, mitra warga, bidik misi, dan inklusif. Pendaftaran siswa baru jalur semi online tersebut akan ditutup pukul 14.00 hari ini (4/6).

Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim Wilayah Banyuwangi Istu Han­dono mengatakan, pada pendaf­taran jalur semi online para pen­daftar tidak dibatasi zona. “Zona tidak secara eksplisit ada di PPDB semi online, melainkan di PDB jalur reguler online,” ujar­nya kemarin (3/6).

Hanya saja, pada PPDB jalur semi online kali ini, masing-ma­sing sekolah sudah memiliki patokan untuk menentukan skor domisili pendaftar. “Misalnya pada jalur mitra warga, pendaftar yang berdomisili satu kelurahan dengan sekolah skornya sekian, yang satu kecamatan skornya sekian,” kata dia.

Istu menjelaskan, zonasi ber­laku pada PPDB jalur reguler online yang akan digelar mulai 25 sampai 28 Juni mendatang. Te­patnya pada PPDB SMA negeri. Sedangkan untuk SMK tetap tidak dibatasi zona.

Dijelaskan, PPDB tahun ini lebih menguntungkan para pen­daftar. Sebab, siswa dari zona satu dia bisa memilih pilihan per­tama di zona lain. Pada PPDB tahun lalu, sekolah pilihan per­tama harus berada di zona yang sama dengan domisili pendaftar. Se­dangkan pilihan kedua di zona yang lain. “Tahun ini, anak bisa memilih pilihan pertama di sekolah di luar zonanya. Hanya saja, pilihan pertama dan pilihan kedua tidak boleh sama-sama berada di luar zona,” jelasnya.

Sekadar diketahui, pada PPDB tahun ini wilayah Banyuwangi dibagi empat zona. Zona I meli­puti wilayah Kecamatan Banyu­wangi, Glagah, Giri, Licin, Kali­puro, dan Wongsorejo. Zona II terdiri dari Kecamatan Rogo­jampi, Muncar, Srono, Singo­juruh, Kabat, Songgon, dan Blim­bingsari.

Sedangkan zona III meliputi wilayah Kecamatan Bangorejo, Cluring, Pesangaran, Purwoharjo, dan Tegaldlimo. Sementara itu, zona empat terdiri dari tujuh ke­camatan, yakni Genteng, Glen­­more, Gambiran, Kalibaru, Sempu, Siliragung, dan Tegalsari.

Sedangkan berdasar sebaran sekolah, zona I terdiri dari SMAN 1 Banyuwangi, SMAN 1 Glagah, SMAN 1 Giri, dan SMAN Wong­sorejo. Zona II meliputi SMAN 1 Rogojampi, SMAN 1 Muncar, SMAN 1 Srono, dan SMAN Darus­sholah Singojuruh.

Pada zona tiga, alternatif pili­han terdiri dari lima sekolah. Lima sekolah tersebut meliputi SMAN 1 Bangorejo, SMAN 1 Clu­ring, SMAN 1 Pesangaran, SMAN 1 Purwo­harjo, dan SMAN 1 Te­galdlimo. Sedangkan di zona IV, ada SMAN 1 Genteng, SMAN 2 Genteng, SMAN 1 Glenmore, dan SMAN 1 Gam­biran.

(bw/sgt/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia