Senin, 23 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kolom

Peran Lagu Wajib Nasional untuk Meningkatkan Nasionalisme

OLEH: Linda Mustika Hartiwi

31 Mei 2018, 06: 50: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Peran Lagu Wajib Nasional untuk Meningkatkan Nasionalisme

Share this          

LAGU wajib nasional sekarang ini jarang terdengar kecuali dalam momen-momen tertentu seperti perayaan Kemerdekaan RI atau upacara bendera di sekolah setiap Senin pagi. Lagu wajib nasional adalah lagu mengenai semangat perjuangan dan nasionalisme bangsa. Semangat perjuangan yang dimaksud adalah semangat yang dikobarkan oleh para pahlawan bangsa di dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Sedangkan arti nasionalisme secara sederhana adalah cinta tanah air.

Berkenaan dengan lagu wajib nasional ini, saya teringat ketika masih SD dulu. Oleh bapak atau ibu guru yang mengajar mata pelajaran kesenian, sering disuruh menghafal dan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional yang terdapat di dalam buku Lagu Wajib Nasional. Seperti lagu Tanah Airku, Bagimu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, Berkibarlah Benderaku, Dari Sabang sampai Merauke, Satu Nusa Satu Bangsa atau lagu-lagu wajib nasional yang lainnya.

Fenomena yang terjadi saat ini, banyak anak sebagai generasi muda tidak hafal dengan lagu-lagu wajib nasional tersebut. Walaupun anak di sekolah telah mengetahui tentang lagu wajib nasional yang terdapat di dalam buku paket pelajaran, tidak membuat anak menjadi hafal karena jarang dinyanyikan.

Bandingkan dengan lagu Sambalado oleh Ayu Ting Ting, lagu Jaran Goyang oleh Nella Kharisma, atau lagu Sayang oleh Via Vallen, dan beberapa lagu dangdut atau lagu top lainnya yang lebih dihafal oleh anak muda sekarang. Lagu-lagu yang menjadi hits tersebut mempunyai lirik yang sederhana dan bersifat riang sehingga lebih disukai untuk didendangkan. Apalagi dengan adanya internet yang memberikan kemudahan untuk mencari segala jenis musik yang diminati termasuk lagu-lagu Barat.

Keadaan seperti ini membuat lagu wajib nasional menjadi tergerus dan terlupakan. Dengan mengetahui lagu wajib nasional akan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme atau mencintai tanah air. Nasionalisme pada generasi muda perlu ditingkatkan agar nilai-nilai kebangsaan tidak mudah terkikis dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, syair dalam lagu wajib nasional yang mengobarkan semangat perjuangan akan melatih kita untuk menghormati perjuangan para pahlawan bangsa dan mengenang jasa-jasanya di dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari kekuasaan penjajah.

Sikap mencintai tanah air dan menghormati para pahlawan bangsa yang merupakan jiwa kebangsaan ini, perlu untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Adanya jiwa kebangsaan yang kuat akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kukuh serta tidak mudah untuk dipecah belah oleh pihak asing. Apalagi di negeri kita terdapat banyak lintas suku dengan beragam budaya dan agama yang sangat memerlukan semangat kebangsaan untuk mempersatukan diri sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia.

Apa yang dapat dilakukan untuk menghidupkan kembali lagu wajib nasional ini?

Beberapa stasiun televisi di negeri ini secara tidak langsung telah menghidupkan dan melestarikan lagu-lagu wajib nasional, yaitu dengan memutar lagu wajib nasional untuk menyapa pemirsa saat akan mengawali program acara yang ada serta saat mengakhiri perjumpaan dengan pemirsa.

Menghidupkan kembali lagu wajib nasional yang telah dilakukan oleh beberapa stasiun televisi tersebut juga dapat dilakukan di sekolah. Misalnya dengan sering menyanyikan lagu-lagu wajib nasional lewat buku-buku lagu wajib nasional oleh anak-anak usia sekolah yang dimulai dari tingkat sekolah dasar. Menyanyikan lagu wajib nasional ini dilakukan dengan lagu-lagu yang berganti setiap harinya bersama-sama dengan teman sekelas dan guru yang membimbing saat akan mengawali dan mengakhiri kegiatan belajar di sekolah. Atau dengan menyelipkan pengajaran menyanyikan lagu wajib nasional oleh setiap murid untuk dinilai oleh guru. Dengan demikian anak akan menjadi hafal dengan lagu-lagu wajib nasional sampai ia dewasa kelak.

Upaya lain yang dapat dilakukan dalam rangka menghidupkan lagu wajib nasional ini misalnya dengan mengadakan lomba menyanyikan lagu wajib nasional yang dapat diikuti secara perorangan atau oleh grup paduan suara. Dengan adanya lomba menyanyikan lagu wajib nasional yang menetapkan kriteria penilaian tertentu untuk dipenuhi oleh peserta lomba, diharapkan akan membuat generasi muda mencintai lagu wajib nasional.

Mengaransemen ulang lagu wajib nasional dengan lebih kaya musik juga dapat dilakukan untuk melestarikan lagu wajib nasional yang telah ada. Aransemen musik untuk lagu wajib nasional yang disesuaikan dengan genre musik yang sedang disukai oleh anak muda zaman sekarang, akan membuat lagu wajib nasional menjadi sering dinyanyikan. Sehingga membuat keberadaan lagu-lagu wajib nasional tidak hilang.

Jiwa nasionalisme yang tinggi sangat diperlukan oleh generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI, membangun negara dalam berbagai aspek kehidupan, dan mengangkat martabat bangsa di mata negara-negara lain di dunia ini. Nasionalisme diperlukan untuk kelangsungan suatu negara yang aman dari masuknya budaya asing yang dapat memunculkan masalah serta menghancurkan bangsa.

Meningkatkan jiwa nasionalisme tidak harus dengan mendengarkan pidato tentang kebangsaan atau membaca buku yang berisi sejarah perjuangan dan biografi para pahlawan bangsa atau cara-cara yang lainnya. Mengetahui dan menyanyikan lagu wajib nasional serta menghayati dan memaknainya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nasionalisme dalam rangka memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Yuk, Cintai tanah air kita.(*)

*) Warga Cangaan, Genteng Wetan, Genteng

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia