Rabu, 24 Oct 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Finance

Kurang Satu Jam, Uang Baru Rp 400 Juta Ludes

Kamis, 31 May 2018 18:45 | editor : Bayu Saksono

TUKAR UANG: Warga harus rela antre untuk menukar uang baru di Jalan Gajah Mada, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (30/5).

TUKAR UANG: Warga harus rela antre untuk menukar uang baru di Jalan Gajah Mada, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, kemarin (30/5). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

GENTENG - Penukaran uang baru yang dilakukan mobil keliling milik Bank Indonesia (BI) Jember di Jalan Gajah Mada, tepatnya depan Pasar Genteng 1, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, diserbu warga, kemarin (30/5).

Kurang dari satu jam, uang baru sebanyak Rp 400 juta yang dibawa mobil keliling BI ludes ditukar warga untuk kebutuhan Lebaran. Uang baru yang banyak diminati warga itu itu pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10 ribu, dan Rp 20 ribu. “Awalnya saya tidak tahu kalau ada penukaran uang,” cetus Hariyati, 35, salah satu warga yang ikut antre.

Saat melintas di Jalan Gajah Mada Genteng, dia melihat ada mobil BI parkir di depan Pasar Genteng 1. Tahu ada penukaran uang, langsung turun dari motor dan ikut antre. “Saya ikut antre untuk me­nukarkan uang baru,” katanya.

Hariyati mengaku senang dengan adanya mobil penukaran uang yang disediakan oleh BI. Pada kesempatan itu, dia menukarkan uang sebesar Rp 1,7 juta. “Saya tukar satu paket dengan pecahan mata uang yang berbeda-beda. Ini untuk persiapan lebaran besok,” ucapnya.

Dalam penukaran uang baru di Kabupaten Banyuwangi untuk hari pertama ini, BI sudah mempersiapkan uang baru pecahan sebesar Rp 1 miliar. Dalam penukaran uang baru ini, warga tidak dibatasi. Untuk satu paket penukaran uang baru sebesar Rp 1,7 juta terdiri pecahan Rp 20 ribu sebanyak 25 lembar, uang baru Rp 10 ribu 50 lembar, Rp 5000 dengan 100 lembar, dan pecahan Rp 2000 sebanyak 100 lembar.

Petugas kasir BI Jember, Biondi Prasada mengatakan mobil kas keliling tiba di Kecamatan Genteng pukul 13.00. Usai memasang banner, tak lama puluhan warga berdatangan dan membentuk barisan untuk antre. “Kita buka warga yang antre langsung banyak,” terangnya.

Kurang dari satu jam membuka penukaran uang baru, lanjut dia, uang sebanyak Rp 400 juta yang disediakan sudah habis diserbu warga. “Kami melayani penukaran uang secara gratis demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk satu kecamatan kami sediakan Rp 400 juta,” ungkapnya.

Dari Kecamatan Genteng ini, terang dia, mobil kas keliling BI langsung bergeser menuju Kecamatan Rogojampi. “Warga sangat antusias menukarkan uang baru, kami mohon maaf jika tidak dapat melayani masyarakat seluruhnya. Bagi warga yang tidak kebagian menukarkan uangnya, mohon jangan berkecil hati karena penukaran uang akan dilayani di setiap kecamatan,” tandasnya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia