Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Sembako

Jaga Harga Sembako dengan Pasar Murah

25 Mei 2018, 19: 30: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

MURAH: Perpadi Banyuwangi menjual beras murah di pasar Muncar, Rabu (23/5).

MURAH: Perpadi Banyuwangi menjual beras murah di pasar Muncar, Rabu (23/5). (BAGUS RIO/JPRG)

MUNCAR - Untuk mengantisipasi melonjaknya harga, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI melalui Pemkab Banyuwangi menggelar pasar murah yang dipusatkan di Pasar Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Rabu (23/5).

Melalui pasar murah yang dilakukan pengusaha penggiling padi (Perpadi) Banyuwangi itu, sejumlah barang seperti sembako dijual dengan harga di bawah pasaran. “Kita menjual beras dengan harga Rp 8,500 per kilogram,” ujar ketua Perpadi Banyuwangi, Irwan Kuswanto.

Irwan mengatakan pasar murah kali ini dicanangkan langsung oleh Kemendag RI dengan tujuan mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan rumah tangga. “Ini diadakan di setiap wilayah, agar semua masyarakat Banyuwangi bisa mendapatkan beras murah,” katanya.

Dalam pasar murah kali ini, lanjut dia, pihaknya hanya membawa dua ton. Harga beras murah yang ditawarkan itu jauh di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah senilai Rp 9,450 per kilogram. “Harapannya harga bisa normal, masyarakat yang berekonomi menengah ke bawah dapat menjangkau,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pasar Muncar Abdul Hakim mengatakan, pasar murah ini perintah langsung dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Melalui kegiatan ini, diharapkan selama Ramadan masyarakat Banyuwangi tidak khawatir dengan melonjaknya harga.

Untuk pasar murah ini, lanjut dia, juga disediakan beberapa los untuk para pedagang. Semua kebutuhan pokok, ada di pasar murah itu. “Jadi semua kebutuhan masyarakat ada di los pasar murah ini,” ungkapnya.

Dengan adanya pasar murah ini, masih kata dia, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau. “Semua kalangan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan yang diinginkan,” tegasnya.

(bw/rio/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia