Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Siswa Hindu Tingkatkan Karakter Diri

22 Mei 2018, 16: 35: 53 WIB | editor : Bayu Saksono

TERANGKAN: Guru agama Eko Prasetyo, Joko Setioso bersama siswa Smanggar beragama Hindu usai acara membangun karakter diri, kemarin (21/5).

TERANGKAN: Guru agama Eko Prasetyo, Joko Setioso bersama siswa Smanggar beragama Hindu usai acara membangun karakter diri, kemarin (21/5). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

PESANGGARAN - Untuk mengisi kegiatan di selama Ramadan, sebanyak 43 siswa pemeluk agama Hindu di SMAN 1 Pesanggaran (Smanggar) mengikuti acara Hindu Brahmacari Asram. Melalui acara ioni, mereka diperdalam pendidikan agama demi peningkatan karakter.

Kegiatan pembentukan karakter itu, dilaksanakan selama tiga hari dengan tujuan membangun karakter diri dengan memantabkan keimanan dalam diri siswa. “Selain diberi materi, para siswa juga diajari membaca sloka dan mempersiapkan pakara atau sarana dan prasarana untuk persembahyanagan,” ujar salah satu narasumber, Joko Setioso.

Pembina mata pelajaran pendidikan Agama Hindu SMAN 1 Pesanggaran dan SMAN 1 Srono, Eko Prasetyo mengatakan, seiring dengan era globalisasi, peserta didik tidak lagi menganggap penting mata pelajaran agama Hindu. Hal itu karena adanya modernisasi yang mendorong manusia untuk selalu bersikap materialistis dan industrialistis. Mereka juga mengesampingkan hal-hal yang sifatnya membentuk moral dan etika manusia itu sendiri. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa membentuk karakter diri pada siswa, dan dapat menanamkan keimanan di dalam individu siswa,” ungkapnya.

Indah Sulawati, salah satu siswa kelas XI IPA 5, SMAN 1 Pesanggaran mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Selain dapat meningkatkan keimanan, kegiatan itu juga semakin menumbuhkan sikap tenggangrasa antar umat beragama. “Materinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sesama manusia dapat hidup bersama dalam perbedaan,” jelasnya.

Kepala SMAN 1 Pesanggaran, Ni Wayan Sedariasih menjelaskan, disisi lain pendidikan agama Hindu merupakan mata pelajaran yang memiliki nilai-nilai yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Ajaran-ajarannya dapat dijadikan sebagai pondasi dalam menjalani kehidupan di dunia modern seperti sekarang. “Pendidikan spiritual juga sangat penting dan wajib diterapkan kepada setiap siswa. Dalam kegiatan tersebut diharapkan para siswa dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan,” tandasnya.

(bw/kri/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia