Rabu, 19 Dec 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Teh Hijau Mampu Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa

21 Mei 2018, 18: 05: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Wahyu Primawati, Kepala Puskesmas Mojopanggung

Wahyu Primawati, Kepala Puskesmas Mojopanggung (Dok.RaBa)

JawaPos.com - Menyiasati bau mulut selama puasa ternyata bisa dilakukan. Dokter gigi dari Puskesmas Mojopanggung, Wahyu Primawati memiliki kiat tersendiri melawan bau tidak sedap selama berpuasa tersebut. Cara pertama dengan menggosok gigi dan lidah secara benar.

Pilih sikat sikat gigi sesuai dengan kebutuhan dan usia pemakaianya. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi berukuran 2,5 cm. Sedangkan untuk anak hanya berukuran 1,5 cm. Panjang bulus sikat gigi hendaknya sama. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan secara sempurna.

Selanjutnya, bersihkan sela-sela gigi dan pinggir gusi dengan benang gigi. Kemudian berkumur dengan cairan penyegar mulut. Jika dipergunakan di luar puasa, gunakan seperlunya. Karena penggunaan yang berlebihan akan mengganggu kuman normal dalam rongga mulut itu sendiri.

Trik selanjutnya ke pola makan. Konsumsi buah-buahan maupun makanan pengusir bau mulut seperti apel, pier, bengkuang, wortel, dan teh hijau. Diantaranya mengandung bahan aktif catechins yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. ”Bisa juga minum 2 sampai 5 cangkir teh hijau sehari, baik murni maupun dengan campuran lain,” sarannya.

Tidak kalah penting, ubah kebiasaan atau gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol. Karena merokok mempunyai efek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Sedang alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut dan mengiritasi bau mulut.

Terakhir, periksa ke dokter gigi secara rutin. Minimal 6 bulan sekali. Kalau saat puasa bisa dilakukan 2 kali dalam satu bulan. Ini penting untuk sekedar melakukan spa gigi, agar gusi dan gigi tetap dalam keadaan sehat. ”Gigi sehat, puasa lancar, mulut wangi,” katanya.

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia