Minggu, 11 Apr 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Warga Geger KDS Genteng Terbakar

15 Mei 2018, 19: 07: 04 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

GEGER; Pengunjung KDS Genteng berhamburan keluar saat tempat sampah di bagian belakang terbakar, kemarin (13/5).

GEGER; Pengunjung KDS Genteng berhamburan keluar saat tempat sampah di bagian belakang terbakar, kemarin (13/5). (WAHYU NUGROHO FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

GENTENG-Tempat sampah milik KDS Genteng, terbakar kemarin sore (13/5). Berita kebakaran ini, sempat membuat warga yang ada di kota itu geger. Apalagi, tersiar kabar yang terbakar itu adalah pusat perbelanjaan KDS.

BERJIBAKU: Petugas Damkar Genteng dan polisi memadamkan api di tempat sampah milik KDS Genteng, kemarin sore (13/5).

BERJIBAKU: Petugas Damkar Genteng dan polisi memadamkan api di tempat sampah milik KDS Genteng, kemarin sore (13/5).

Baca juga: KPUD dan Tim Sukses Cagub-Cawagub Sepakat Sukseskan Pilgub Jatim

Meski yang terbakar hanya tempat sampah, para pengunjung dan karyawan di KDS diungsikan semua. Dan itu, membuat arus lalu lintas di jalur utama jurusan Banyuwangi-Jember macet total. “Apinya sempat membesar,” terang Erwin, salah satu warga Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng.

Menurut Erwin, kebakaran tempat sampah itu mulai terjadi sekitar pukul 16.30. Saat itu, ada karyawan yang membakar plastik dan kerdus di tempat sampah yang ada di area pusat perbelanjaan KDS. “Yang dibakar itu banyak,” terangnya.

Karyawan KDS yang membakar sampah itu, terang dia, sebenarnya tidak langsung banyak. Tapi karena ada angina besar, tiba-tiba api membakar tumpukan sampah dari kardus. “Sampahnya itu banyak kardus dan plastik, jadi mudah terbakar,” katanya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Genteng, lokasi tempat sampah di KDS itu berada di ujung barat dan berbatasan dengan jalan dekat Pasar Genteng II. Tempat sampah itu, berjarak sekitar 20 meter dari lokasi perbelanjaan. “Tempat sampah dekat dengan lokasi parkir,” ungkapnya.

Warga lainnya, Reza Santoso menyampaikan api yang membakar tempat sampah itu memang sempat besar. Dan itu, membuat warga geger. “Yang ramai itu KDS terbakar, padahal yang terbakar tempat sampahnya,” cetusnya.

Menurut Reza, api mulai membesar sekitar pukul 16.30. Dan api itu berhasil dipadamkan oleh warga bersama petugas pemadam kebakaran (Damkar) Genteng sekitar pukul 17.15. “Petugas damkar cepat datang, api segera padam,” katanya.

Sementara itu, manajer KDS Genteng Edward menyampaikan yang terbakar itu tempat sampah. Api berasal dari karyawannya yang memang membakar sampah. “Ada karyawan yang membakar sampah,” ujarnya pada wartawan.

Edward mengaku selama ini sudah sering mengingatkan pada karyawannya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bila membakar, harus berhati-hati dan tidak boleh dalam jumlah yang banyak. “Api tidak sampai merembet ke toko,” terangnya.(abi)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news