Rabu, 19 Sep 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Tak Lulus Unas Bisa Daftar Susulan

Rabu, 09 May 2018 20:00 | editor : Bayu Saksono

Tak Lulus Unas Bisa Daftar Susulan

BANYUWANGI – Dinas Pen­didikan Banyuwangi memberikan solusi bagi siswa yang tidak lulus di ujian nasional (Unas). Baik un­tuk jenjang SMP maupun SMA bisa mengikuti Unas susulan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) terdekat.

Kepala Dinas Pendidikan Banyu­wangi Sulihtiyono mengatakan, untuk siswa yang tidak lulus bisa mengejar ujian di jalur kejar paket. Sesuai jadwal, Unas susulan akan digelar pada 11-14 Mei untuk kejar paket B dan C. ”Bisa langsung men­daftar di satkorwil terdekat. Kalau untuk yang tidak lulus Unas reguler bisa langsung ikut ujian ini,” jelas Sulih.

Dia juga menambahkan, siswa tidak usah khawatir dengan ku­alitas dari ijazah yang dikeluarkan oleh kejar paket. Menurutnya, sta­tus hukum ijazah kejar paket sama saja dengan ijazah reguler. Sehingga tetap bisa digunakan untuk mendaftar di SMA bagi yang berijazah kejar paket B, dan ke jenjang universitas maupun akademi seperti IPDN maupun Akmil untuk kejar paket C.

”Biasanya, sekolah yang men­daftarkan bagi siswa yang tidak lulus Unas. Harapanya mereka yang tidak lulus masih memiliki semangat untuk melanjutkan sekolah,” imbuhnya. Dia juga menambahkan, kejar paket sendiri juga diperuntukkan bagi mereka yang sudah lama putus sekolah. Hanya saja waktu penerapannya nanti berbeda dengan mereka yang tidak lulus UN.

Mereka yang sudah lama putus sekolah akan disesuaikan dengan waktu terakhir mereka menye­lesaikan pendidikan. Sulih men­contohkan, semisal seorang siswa berhenti sekolah di semester tiga atau semester awal kelas delapan, maka untuk mengikuti ujian kejar paket B dia harus mengikuti PKBM selama satu setengah semester terlebih dulu.

”Untuk mereka yang tidak mampu kita sudah menyiapkan subsidi. Jadi tidak usah khawatir. Pendidikannya juga tidak seperti sekolah formal, mereka hanya mengerjakan modul saja,” imbuh Sulih.

(bw/fre/rbs/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia