Sabtu, 25 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Features
Kerajinan Akar Kayu Jati di Situbondo

Pembeli Luar Negeri Paling Banyak dari Kanada dan Prancis

19 April 2018, 00: 10: 47 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

LAKU KERAS: Produk kerajinan akar kayu jati dipajang pada even pameran, beberapa waktu lalu.

LAKU KERAS: Produk kerajinan akar kayu jati dipajang pada even pameran, beberapa waktu lalu. (HABIBUL ADNAN/JAWAPOS.COM)

Para pengrajin akar kayu jati di Situbondo mulai menjamur. Yang membanggakan, buah tangan mereka kini sudah banyak yang laku hingga ke luar negeri.

HABIBUL ADNAN, Situbondo

Sejumlah kerajinan akar kayu jati dipampang berjejer dengan beragam bentuk, siang itu.  Ada yang berbentuk piring, mangkok, cangkir, asbak rokok, talenan dan lain sebagainya. Itu adalah karya dari para pengerajin asal Situbondo.

Humaedy, salah satu pengerajin mengatakan, banyak yang sudah terjual ke luar negeri. Paling banyak, terjual ke Prancis dan Kanada. Dia mengaku, warga dari dua negara ini menyukai alat-alat dapur untuk restoran. Seperti talenan dan tempat buah. “Tentu saya sangat bangga,” katanya.

Dia menerangkan, bukan hanya karyanya yang laku keras hingga ke luar negeri. Produk dari pengerajin yang lain juga tidak sedikit yang tembus hingga mancanegara. “Kita memang bersinergi untuk penjualan,” tambah Humaedy.

Jika dihitung-hitung, sudah ada ribuan kerajinan dari akar kayu jati yang tembus ke luar negeri. Dalam penjualannya, sudah ada orang yang bertugas mempromosikan kepada wisatawan asing. “Jaringan kita juga sudah kuat sehingga bisa tembus ke luar,” ujarnya.

Berkat kuatnya jaringan yang sudah dibangun, hampir setiap bulan warga negara Eropa memesan kerajinan kayu jati Situbondo. Ada yang datang langsung, ada juga yang memesan melalui media internet.

Dia menambahkan, orang-orang asing tersebut menyukai produksi kerajinan Situbondo karena memiliki bentuk yang berbeda. Salah satu keunggulannya , karena dibuat dari akar kayu jati. “Mereka menilai, corak serta bentuknya unik,” kata pria asal Dusun Karanganyar, Desa/Kecamatan Kendit itu.

Humaedy merinci, selain coraknya bagus, keunggulan kerajinan akar kayu jati juga lebih kuat, dan anti rayap. Tentu, juga menarik dipandang karena memiliki nilai seni yang tinggi. “Ini sering disampaikan pembeli dari luar negeri,” katanya.

Selain konsumen luar negeri, tidak sedikit juga pembeli dari Indonesia. Konsumen dari dalam negeri berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. “Mereka juga datang sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, yang membanggakan, kerajinan kayu jati Situbondo sering diundang mengikuti even pameran. Setiap kali ada even pameran, kerajinan yang dibawa selalu habis terjual. “Kita juga sering mendapatkan juara,” imbuhnya.

Terkait dengan potensi tersebut, Humaedy menilai, produk kerajinan Situbondo memiliki daya saing kuat dengan produk daerah lain. Bahkan, tambahnya, sudah mengalahkan produk luar negeri. “Bahwa, kita tidak kalah dengan yang lain,” katanya.

Sementara itu, Humaedy mengaku, pengerajin barang-barang unik berbahan akar kayu jati di Situbondo, harus berjuang keras hingga karyanya memiliki nama. “Saya bahkan berjuang sejak tahun 1995. Puluhan tahun baru tembus pasar Eropa,” pungkasnya. (pri)

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia