Senin, 18 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Situbondo

Pengumuman 10 Besar Hasil Try Out SD-SMP

04 April 2018, 09: 30: 28 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Pengumuman 10 Besar Hasil Try Out SD-SMP

Share this          

SITUBONDO - Hasil try out SD-SMP yang dilaksakan Jawa Pos Radar Situbondo beberapa waktu lalu cukup memuaskan. Ini bisa dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Siswa dengan perolehan nilai tertinggi, memperoleh nilai 100.

Peraih nilai tertinggi ini didapat siswa atas nama Callista Veda. Siswa SDN 3 Patokan itu mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 93,33.

Data yang diperoleh, rata-rata nilai siswa SD peraih sepuluh besar paling rendah 89,10. Sedangkan di atasnya mendapatkan nilai 90 hingga 93. Begitu juga dengan perolehan siswa SMP. Hanya saja, nilai rata-rata untuk sepuluh besar SMP berkisar pada angka 81-85. Peraih nilai tertinggi siswa SMP didapat oleh siswa SMPN 1 Situbondo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman mengatakan,

dengan hasil yang diperoleh siswa, menunjukkan bahwa nak-anak secara mental sudah siap melaksanakan ujian nasional. Baik ditingkat SD maupun SMP. “Secara psikologis sudah siap,” katanya.

Dia menambahkan, capaian dari hasil try out menjadi gambaran keberhasilan awal bagi siswa selama menempuh studi. Itulah yang kemudian menjadi bahan perbaikan agar prestasi yang diraih siswa pada ujian nanti sesuai dengan nilai paling ideal.

Atas dasar itu, Fathor menilai, intensitas try out perlu ditambah. Dia memandang, semakin banyak latihan, siswa akan semakin siap dan terlatih dalam melaksanakan ujian. Sebaliknya, jika try out kurang, siswa akan kesulitan menghadapi ujian.

Fathor menerangkan, intensitas try out yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui Dispendikbud terus ditingkatkan. Menurutnya, itu sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Try out Jawa Pos Radar Situbondo dilaksanakan pada Bulan Maret lalu. Ada sekitar 12 ribu lebih siswa yang mengikuti pelaksanaan pra ujian. Dengan rincian 4.715 SMP, dan siswa SD 8.150. (bib/pri)  

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia