Kamis, 20 Jun 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Bila Kadis Pensiun Sekretaris Dinas Tidak Otomatis Jadi Plt

02 April 2018, 11: 55: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Bila Kadis Pensiun Sekretaris Dinas Tidak Otomatis Jadi Plt

BANYUWANGI - Pengisian  11 jabatan eselon II yang segera kosong, akan dilakukan seleksi terbuka. Proses seleksi terbuka itu, memungkinkan 11 jabatan itu akan terjadi kekosongan jabatan definitif.

Untuk menjaga keberlangsungan jalannya organisasi, Bupati Banyuwangi memiliki kewenangan penuh untuk menugaskan PNS untuk mengisi pelaksana tugas jabatan (Plt) selama belum ada pejabat definitif. Hanya saja siapa akan ditugaskan menjadi Plt, sepenuhnya menjadi kewenangan bupati.

Jika mengacu pada struktur organisasi dinas atau badan, sekretaris dinas/badan sebagai orang kedua setelah kepala dinas/badan berhak menjadi Plt. Hanya saja, jabatan sekretaris dinas/badan tidak secara otomatis menggantikan kepala dinas  sebagai Plt jika terjadi kekosongan. "Sekretaris dinas tidak bisa otomatis menjadi Plt kepala dinas atau badan," ungkap Kepala BKD Sih Wahyudi.

Penunjukan Plt kepala dinas/badan, kata Sih, sepenuhnya menjadi kewenangan bupati. Walau selama ini, jabatan Plt dipegang sekretaris dinas tapi tidak secara otomatis bisa langsung menjabat saat ditinggal kepala dinas pensiun.

Saat ini ada dua dinas yang mengalami kekosongan jabatan definitif, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Satu Pintu dan Dinas Informasi dan Komunikasi. Dinas Penanaman modal Plt kepala dinas dipegang asisten administrasi pemerintahan, sedangkan untuk Plt kepala dinas Infokom dipegang Budi Santoso sebagai sekretaris Dinas. (afi)  

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia