Senin, 23 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Entertainment

Gelorakan Senam Anak

28 Maret 2018, 15: 49: 57 WIB | editor : Syaifuddin Mahmud

Gelorakan Senam Anak

Share this          

 Ketua Bhayangkari Cabang Banyuwangi Selvi Adityawarman,  menggelorakan senam bugar anak Indonesia (SBAI). Senam ini disosialisasikan di kalangan sekolah Taman Kanak-Kanak di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari Banyuwangi.

        Istri Kapolres Banyuwangi ini menilai, dengan menggelorakan senam kepada anak-anak sedini mungkin maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Sedikitnya, kata Selvi, ada lima manfaat yang diperoleh dari senam untuk kesehatan anak. Yakni mengembangkan kemampuan motorik anak, melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh, meningkatkan kekuatan anak, mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke saat dewasa, serta melatih ingatan anak.

        Senam  merupakan salah satu kegiatan yang paling berpengaruh dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak anak. ”Senam juga membantu anak jadi lebih sehat dan kuat, daya tahan ototnya pun berkembang,” ungkapnya.

        Dengan melakukan senam anak sehat, anak bisa melatih kelincahan, kelenturan tubuh, serta koordinasi antartungkai (tangan dan kaki). Selain itu, gerakan senam juga sangat baik untuk melatih keseimbangan dan refleks tubuh anak agar tidak mudah terjatuh.

        Gerakan senam juga dapat memperkuat otot punggung dan otot perut. Dengan otot punggung dan perut yang kuat, maka anak akan lebih aktif bergerak dan melompat. Untuk menggelorakan SBAI, Yayasan Kemala Bhayangkari Banyuwangi menggelar lomba SBAI.

        ”Senam mengajak anak-anak melakukan beberapa gerakan. Agar mampu mempraktikkan dengan tepat, anak membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menghafal setiap gerakan sesuai urutannya. Dengan melakukan senam secara rutin, anak akan belajar fokus dan tekun, melatih kemampuan fisik maupun mentalnya,” tandas wanita kelahiran Cianjur 29 Januari 1980 itu. (ddy/aif/c1)

(bw/ddy/aif/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia