Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Yayasan Al Uswah Up Grading Guru SIT

05 Maret 2018, 13: 14: 34 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SEKOLAH ISLAM TERPADU: Para guru TKIT, SDIT, dan SMPIT usai dibekali manajemen kelas berkarakter Sabtu (2/3).

SEKOLAH ISLAM TERPADU: Para guru TKIT, SDIT, dan SMPIT usai dibekali manajemen kelas berkarakter Sabtu (2/3). (SDIT AL USWAH FOR RABA)

Share this          

BANYUWANGI - Lembaga Training Al Uswah (LTA) membekali guru dengan manajemen kelas berkarakter. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (2/3) di Garden Resto RS Yasmin. Sebagai narasumber Ketua Bidang Penjamin Mutu JSIT Jatim Surabaya, Ustadah Novita Maurice, M. Pd. Hadir juga Ketua Yayasan Al Uswah Ustad Karyono, S. Pd, MT, Ketua JSIT Korwil 3 Yulius Agustinus, S.PdI.

Ketua Lembaga Training Al Uswah Muhammad Sugianto, S.Pd mengatakan, pembekalan guru dengan managemen kelas berkarakter ini diikuti oleh 110 guru TKIT, SDIT, SMPIT dibawah naungan Yayasan Al Uswah Banyuwangi. "Tujuan pelatihan ini agar guru Sekolah Islam Terpadu (SIT) dalam mengelola kelasnya didasarkan pada pembentukan karakter yang selaras dengan nilai-nilai kebaikan. Yang mana nilai-nilai kebaikan tersebut jika diberikan dan dibiasakan dalam kehidupan sehar-hari akan menginternalisasi dan itu pada akhirnya membentuk karakter anak," kata Sugianto. 

Hal senada dikatakan oleh narasumber Ketua Bidang Penjamin Mutu JSIT Jatim Surabaya,  Ustadah Novita Maurice, M. Pd. Menurut Novita, ruang kelas yang berkarakter mampu tercipta karena adanya peran serta guru dan peserta didik yang bekerja sama dalam mengembangkan pembentukan karakter untuk sebuah hal yang baik. Hal tersebut bisa dilihat dari partisipasi dan semangat peserta didik dalam keikutsertaannya dalam proses belajar mengajar, baik secara individu maupun secara kelompok. Misalnya, memberikan tantangan kepada siswa dengan tujuan untuk melatih peserta didik dan untuk mengetahui seberapa paham siswa terhadap materi yang telah disampaikan, misalnya dengan memberikan tugas serta tanya jawab kepada peserta didik. "Jadi ruangan kelas yang berkarakter mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran di sekolah untuk menjadikan peserta didik mendapatkan karakter yang baik," ujar Novita. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Uswah Karyono, M. Pd, MT menjelaskan, dalam upaya mengantisipasi bertambahnya murid baru maka Yayasan Al Uswah merekrut guru/pegawai baru untuk diangkat menjadi guru dan pemangku asrama (musyrif) dengan syarat Sarjana S 1; Tartil baca Al Quran; Untuk Musyrif diutamakan minimal punya hafalan 10 juz; siap menyesuaikan dengan visi misi Al Uswah.

“Bagi yang berminat silahkan mengirim lamaran ke kantor Yayasan Al Uswah di Al Uswah Center, Komplek SD SMPIT Al Uswah, Jalan Cemara, Lingkungan Beran, Kelurahan Kebalenan, Banyuwangi WA 081234759664/Telp 082336805758. Terakhir tanggal 16 Maret 2018,” pungkasnya. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia