Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Menyikat Gigi Tekan Bau Mulut

23 Februari 2018, 08: 40: 02 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

LATIH ANAK: Sejak umur tiga tahun anak sudah mulai diajari cara menyikat gigi.

LATIH ANAK: Sejak umur tiga tahun anak sudah mulai diajari cara menyikat gigi. (JAWAPOS.COM)

BANYUWANGI – Melaksanakan ritual ibadah puasa kerap identik dengan aroma bau mulut yang tidak sedap. Kondisi tersebut sejatinya merupakan hal lumrah. Dalam kasus tersebut di dunia medis akrab disebut dengan holitosis. Bahkan tidak hanya bau mulut, menahan makan dan minum juga bisa memunculkan efek lain seperti bibir pecah-pecah.

Di sisi lain, meski berpuasa, aroma bau mulut dan efek lainnya tadi sebetulnya bisa diantisipasi. Di antaranya dengan menghindari makanan punya aroma menyengat saat sahur. ”Hindari jengkol atau bawang bombay saat sahur,” saran drg Wahyu Primawati MAP

Tidak ketinggalan, semaksimal mungkin hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Ini berpengaruh terhadap bakteri penyebab bau mulut yang akan berkembang biak semakin pesat saat ada banyak sisa gula di mulut.

Selain itu, penting juga mencegah mulut kering, segera berbuka saat berbuka dan sahur. Semakin kering mulut, maka potensi bau mulut tinggi maka semakin besar. Tidak ada salahnya dicoba untuk senantiasa berkumur dengan mouthwash. Berkumur dengan mouthwash bisa menekan bakteri penyebab bau mulut. ”Setelah sahur jangan lupa sikat gigi secara menyeluruh. Pastikan sikat gigi menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi. Ini untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak,” imbuhnya.

Selanjutnya, bersihkan lidah. Lidah bisa menjadi sarang bakteri sekaligus penyebab bau mulut. Bersihkan lidah dengan alat khusus pembersih. Proses pembersihannya tidak perlu menggunakan pasta gigi. Hanya saja pastikan alat pembersih lidahnya selalu dalam kondisi bersih.(nic/bay/c1)

(bw/nic/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia