Senin, 16 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

KPU : APK Tak Bisa Dipasang Sembarangan

21 Februari 2018, 14: 35: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

APK LIAR : Panaswalu akan menertibkan alat peraga kampanye yang tidak difasilitasi Komisi Pemilihan Umum karena dianggap liar.

APK LIAR : Panaswalu akan menertibkan alat peraga kampanye yang tidak difasilitasi Komisi Pemilihan Umum karena dianggap liar. (JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI -  Komisioner KPU Jamaludin mengatakan, dalam rakor di kantor Panwaslu berhasil dicapai kesepakatan bersama antar-stakeholder. ”Kami bersepakat untuk menciptakan situasi pemilu yang damai, tidak gaduh, tidak ribut, dan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Terkait APK, kata Jamaludin, sesuai Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, APK pasangan cagub dibiayai pemerintah dan dikoordinasikan KPU. ”Sehingga pembuatan APK dibuat oleh KPU dengan desain yang dibuat paslon. Selain itu, pemasangan APK tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan harus ditempatkan di titik-titik yang telah disepakati bersama dan tidak melanggar aturan,” tuturnya.

Menurut Jamaludin, sesuai pasal 70 Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, ketika ada APK yang menyalahi aturan, seperti yang saat ini terpasang di sejumlah titik di Banyuwangi, maka KPU akan membuat surat peringatan kepada tim pasangan calon untuk menurunkan APK. ”Apabila tidak diturunkan, itu menjadi ranah Panwaslu dan Satpol PP untuk menurunkan,” katanya. (sgt/afi/c1)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia