Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events

Pesan Terkait Tata Ruang Jangan Diabaikan

17 Februari 2018, 09: 10: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Pesan Terkait Tata Ruang Jangan Diabaikan

Share this          

BANYUWANGI – Tanggal 6 Maret menjadi deadline bagi 290 peserta lomba foto untuk mengirim hasil karyanya. Bertemakan Warna-Warni Banyuwangiku, kegiatan lomba foto yang digelar Bappeda Banyuwangi dan Jawa Pos Radar Banyuwangi ini memberikan sebelas spot sebagai jujukan mata lensa. Peserta bisa memilih tiga karya foto wajib yang wajib disetor bisa berasal dari beberapa lokasi pilihan tersebut.

Hanya saja, satu hal yang tetap menjadi garis besar panitia, yakni ada pesan yang harus dijabarkan dalam foto tersebut, khususnya terkait tata ruang. Dalam event ini, panitia dan peserta diajak untuk mengintip sukses pembangunan yang diraih Pemkab Banyuwangi. Di antaranya, sembari lomba peserta juga diajak untuk belajar terkait tata ruang. ”Misinya ya lomba dan juga belajar tata ruang,” ujar Ketua Panitia Gerda Sukarno Prayudha.

Gerda menuturkan, melalui event ini pemahaman, kesadaran, dan tanggung jawab masyarakat terhadap penataan ruang bisa meningkat. Hingga pada akhirnya partisipasi masyarakat terhadap proses penataan ruang juga bisa semakin ditingkatkan.

Spirit dalam Perda Nomor 8 Tahun 2012 tentang Tata Rencana Tata Ruang Wilayah menjadi landasannya. Masyarakat memiliki kewajiban untuk menaati rencana tata ruang, memanfaatkan ruang sesuai dengan izin pemanfaatan ruang dari pejabat yang berwenang, mematuhi ketentuan yang ditetapkan dalam persyaratan izin pemanfaatan ruang, dan memberikan akses terhadap kawasan yang oleh ketentuan peraturan perundang-undangan dinyatakan sebagai milik umum.

”Pesan dan spirit inilah yang coba kita angkat sebagai dasar lomba fotografi kali ini. Untuk bagaimana hasil jepretan-nya itu kembali ke kreativitas peserta di lapangan,” katanya.

Selain foto, peserta diharapkan mengirimkan maksimal tiga karya foto dengan mencantumkan narasi pendek maksimal 50 kata pada masing-masing karya. Karya foto yang sudah terkirim menjadi hak milik panitia seutuhnya dan panitia berhak menggunakan untuk kepentingan promosi, publikasi dan keperluan lainnya tanpa memberikan kompensasi apa pun kepada peserta atau pemenang.

Untuk juri, panitia telah menunjuk tiga orang yang akan menilai karya peserta. Pertama juri dari tukang foto profesional yakni Bechi Subeki dari fotografer Jawa Pos. Juri kedua yakni dari Jawa Pos Radar Banyuwangi yakni Rahman Bayu Saksono. Ketiga dari ahli tata ruang nasional yakni Yayat. (*)

(bw/nic/rbs/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia