Minggu, 17 Nov 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Tips & Trik

Jalan Kaki 50 Langkah Bantu Perbaiki Tulang

15 Februari 2018, 16: 54: 06 WIB | editor : Ali Sodiqin

Ilustrasi

Ilustrasi

Share this          

JawaPos.com – Jalan kaki menjadi aktivitas fisik yang paling murah dan mudah dilakukan. Banyak manfaat diperoleh dari kegiatan sederhana ini. Dengan jalan kaki, sederet manfaat kesehatan bisa didapatkan. Di antaranya seperti mampu menekan risiko stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga memberikan bermanfaat bagi kesehatan tulang. 

Berjalan lebih kurang tiga puluh menit sehari menjadi menu latihan setiap hari yang bisa dilakukan. Namun untuk pemula, ada baiknya dimulai dengan sepuluh hingga lima belas menit per harinya. Ini dilakukan untuk memberikan penyesuaian tubuh terhadap kegiatan jalan kaki ini.

”Jalan 50 langkah memperbaiki tulang tubuh. Dan menaiki 20 anak tangga memperbaiki tulang lutut,” ujar dr Finda Ferdiana.

Jalan kaki bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang. Olahraga bisa meningkatkan kekuatan tulang. Di sisi lain keseimbangan tubuh seseorang bisa lebih terjaga. Lebih jauh, jalan kaki bisa menekan potensi osteoporosis dan patah tulang.

Olahraga jalan kaki juga bisa menekan beberapa jenis nyeri dan kekakuan. Maka berjalan santai yang dilakukan setiap hari sangat baik terutama bagi lansia. ”Jalan kaki bisa membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat,” imbuhnya.

Jalan kaki bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama. Kegiatan ini bisa dilakukan di taman pusat kota hingga jalanan kampung. Tidak mengherankan bila dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Jalan kaki merupakan olahraga murah meriah dengan manfaat yang kaya.

(bw/nic/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia