Sabtu, 25 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Klenteng Hoo Tong Bio Berhias Sambut Imlek 2569

11 Februari 2018, 16: 43: 00 WIB | editor : Ali Sodiqin

PERSIAPAN: Seorang pekerja tengah memperbaiki pintu utama Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi untuk persiapan menyambut Imlek.

PERSIAPAN: Seorang pekerja tengah memperbaiki pintu utama Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi untuk persiapan menyambut Imlek. (Siti Anisa For RaBa)

BANYUWANGI – Sepekan lagi, tepatnya pada 16 Februari 2018 mendatang, umat Tionghoa akan merayakan pergantian tahun atau Imlek. Berdasarkan siklus tahunan, tahun ini merupakan Tahun Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

Menyambut Imlek 2569 ini, sejumlah warga Tionghoa mulai mempercantik Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio. ”Yang dibersihkan itu mulai dari patung-patung, tempat ibadah untuk persiapan dewa naik surga,” ujar Hendra, ketua panitia persiapan menyambut Imlek tahun ini.

Pemasangan lampion dan perbaikan gerbang pintu utama juga dilakukan untuk menyambut tahun baru dalam kalender Tiongkok ini.

Perayaan Imlek sendiri akan dimulai tanggal 14 Februari dengan mendatangkan wayang di kelenteng, kemudian sembahyang pada malam 15 Februari, dan pada 16 Februari akan ada penerimaan Kimsin (patung) dari luar kota.

”Biasanya, Kelenteng Hoo Tong Bio akan menjadi tempat ribuan jamaah Konghucu yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Karena renovasi dan bersih-bersih kelenteng dilakukan demi kenyamanan umat beribadah selama perayaan Imlek nanti,” pungkas Hendra. (mg-1)

(bw/rri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia