Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon-featured
Catatan Pinggir

Program Kali Bersih Mulai Menuai Berkah

Oleh: Ali Sodiqin

28 Januari 2018, 20: 03: 01 WIB | editor : Ali Sodiqin

Program Kali Bersih Mulai Menuai Berkah

Masyarakat Kota Santri Situbondo yang tinggal di sekitar stren kali wilayah kota kini mulai merasakan manfaat program Kali Bersih yang dicanangkan Bupati Dadang Wigiarto. Kini, selain besih dan indah, keberadaan sungai yang membelah Bumi Rengganis itu bisa menjadi jujugan wisata baru. Salah satunya adalah mulai beroperasinya perahu karet milik warga. Meski sekedar coba-coba, ternyata usaha penyewaan perahu karet itu mampu meraup untung besar.

Tentu saja, persewaan perahu karet itu menjadi lahan bisnis baru yang cukup menggiurkan bagi warga Situbondo yang ada di sekitar stren kali. Bisnis menyusuri sungai itu akan terus ada jika kondisi sungai terus bersih. Semoga saja, rencana Pemkab Situbondo untuk membuat taman-taman di sekitar sungai segera terwujud. Sehingga akan menambah daya tarik keberadaan sungai tersebut. Sehingga, bisnis persewaan perahu karet itu terus hidup. Yang ujung-ujungnya dapat membantu perekomian masyarakat.

Selama ini, sampah memang menjadi momok bagi kebersihan sungai. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan menjadi penyumbang terbesar dalam pengotoran sungai. Akibatnya, sampah menumpuk di tepi-tepi sungai dan sungai pun menjadi dangkal. Dikhawatirkan, banyaknya sampah itu membuat sungai menjadi buntu yang imbasnya bisa mengakibatkan banjir di musim penghujan.

Karena itu, Program Kali Bersih yang digagas Pemkab Situbondo itu harus didukung semua pihak. Tidak hanya oleh kalangan pejabat, PNS, dan pegawai SKPD di lingkungan pemkan saja, tetapi juga masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai, dan masyarakat lainnya.

Sehingga, tidak saja sungai akan menjadi bersih dan sedap dipandang, tetapi juga keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan. Salah satunya adalah dengan bisnis persewaan perahu karet yang sudah dilakukan warga. Ke depan, diharapkan tidak hanya wisata menyusuri sungai dengan memakai perahu karet, tetapi juga dengan menggunakan perahu kano, ban, dan lain-lain. Karena itu, mari kita dukung Program Kali Bersih dengan sepenuh hati.

(bw/*/als/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia