Senin, 16 Sep 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Properti

Usaha Batako Mulai Menjanjikan

24 Januari 2018, 20: 42: 23 WIB | editor : Ali Sodiqin

SIAP ANTAR: Batako yang sudah kering dan siap diantar kepada pemesan.

SIAP ANTAR: Batako yang sudah kering dan siap diantar kepada pemesan. (Ari Karimatun For Radar Banyuwangi)

Share this          

KALIPURO – Usaha pembuatan batako mungkin tidak asing ditelinga terutama bagi masyarakat Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro. Usaha pembuatan batako ini banyak ditemui di daerah tersebut. Bahan baku pembuatan fondasi bangunan ini berjejer rapi disamping para kuli pembuat batako.

Bahan baku dalam pembuatan batako ini adalah pasir, semen, dan batu. Semua bahan dicampur menjadi satu dan dicetak, kemudian dijemur sampai kering. Proses penjemuran biasa memakan waktu selama satu hari. Setelah satu hari dijemur, tekstur batako akan lebih mengeras dan kuat. Batako yang sudah kering akan ditata rapi dan siap diantar kepada para pemesan.

Pasar batako ini cukup menjanjikan, karena dengan maraknya pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat, batako sudah pasti banyak dibutuhkan. Selain itu, batako juga dibuat sesuai pesanan, jadi pengusaha tidak perlu takut batako tidak laku.

Harga batako pun dipatok dengan harga cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena bahan bakunya cukup mahal. “Kami mematok harga Rp 2 ribu per buahnya, Mbak. Para pelanggan biasanya memesan sekitar 10.000 sampai 20.000 buah, Alhamdulillah kami jarang sepi pemesan, biasanya setelah pesanan yang satu sudah diantar, sudah ada lagi pesanan baru,” ujar Wahyudi, salah satu pemilik usaha batako di Kelurahan Klatak. (cw2)

(bw/rri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia