Rabu, 22 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Politik & Pemerintahan

Calon Pemilih Pilgub Dicoklit

20 Januari 2018, 16: 10: 03 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Calon Pemilih Pilgub Dicoklit

BANYUWANGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai hari hari ini (20/1) hingga 20 Februari akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar calon pemilih Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.  Kegiatan coklit itu merupakan rangkaian dari pemutakhiran daftar pemilih yang memberikan hak suaranya pada  cobloasan 27 Juni 2018.

Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin mengungkapkan, coklit akan dilakukan oleh 2.830 orang Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP). Selain personel PPDP, lima komisioner KPU juga bakal turun lapangan.

Bukan itu saja, seluruh personel PPK yang berjumlah 75 orang, serta 651 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 217 desa dan kelurahan se-Banyuwangi akan mendampingi PPDP dalam melaksanakan coklit.

Jika dikalkulasi jumlah personel yang akan turun lapangan melakukan coklit sebanyak 3.561 orang. ”Coklit dimulai serentak pukul 07.00 besok (hari ini),” ujar Syamsul kemarin (19/1).

Syamsul menuturkan, proses coklit bakal menyasar seluruh penduduk yang memiliki hak pilih saat pelaksanaan Pilgub. ”Coklit daftar pemilih Pilgub bakal dilakukan hingga 20 Februari mendatang,” kata dia.

Anggota KPU akan melakukan coklit sejumlah tokoh. Mulai tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga kalangan pejabat. Termasuk Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara. ”Coklit juga menyasar unsur pengawas pemilu, salah satunya Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Banyuwangi Hasyim Wahid,” pungkasnya. (sgt/afi/c1)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia