Senin, 27 May 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Sports

Downhill Masih Cari Sirkuit Representatif

18 Januari 2018, 05: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TAK MILIKI SIRKUIT: Atlet Downhill Banyuwangi kesulitan mencari sirkuit untuk arena latihan.

TAK MILIKI SIRKUIT: Atlet Downhill Banyuwangi kesulitan mencari sirkuit untuk arena latihan. (Dok. JPRB)

Berita Terkait

JawaPos.com – Atlet olahraga sepeda ekstrem Downhill (DH) di Banyuwangi, hingga kini masih terus melakukan latihan di Jember. Belum adanya sarana di Banyuwangi membuat pengurus ISSI bidang Downhill terpaksa memilih opsi tersebut agar atlet tetap bisa berlatih.

Sekretaris ISSI Banyuwangi Rino Firmanianta mengatakan, sirkuit terakhir yang digunakan di Banyuwangi adalah sirkuit Tawonan. Itu pun hanya digunakan ketika Banyuwangi menjadi tuan rumah Porprov Jatim 2015. Sedangkan saat ini kondisinya tidak memungkinkan untuk digunakan berlatih para atlet.

”Sementara mereka bermain di Rembangan, Jember. Sebenarnya ini sudah berlangsung sejak sebelum Porprov. Karena kebetulan di sana juga ada rekan berlatihnya, ada banyak klub di sana. Tawonan memang dianggap yang paling representatif karena lokasinya sesuai. Jadi pembalap yang sudah selesai dari lintasan bisa loading langsung ke jalan,” terang Rino.

Kabid Downhill ISSI Banyuwangi Hermawan Widodo menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih mengupayakan untuk bisa mencari spot baru sebagai tempat latihan Downhill. Karena memang tempat sebelumnya tidak bisa digunakan kembali. ”Kita masih mencari, sementara ini memang Jember yang paling dekat digunakan untuk berlatih,” tegasnya.

Sementara itu, terkait persiapan Downhill sendiri, pria yang akrab disapa Wawan itu mengatakan, kini bidangnya tengah merekrut beberapa atlet DH baru. Sementara ada tiga atlet yang sudah masuk dalam pemusatan latihan mereka. Downhill menurutnya harus bergerak cepat untuk bisa menyiapkan atlet untuk beberapa event ke depan.

Karena atlet andalan DH Banyuwangi, Ayu Tria sudah masuk ke dalam formasi Pelatda Jatim persiapan PON 2020 Papua. ”Beberapa atlet dari BMX Muncar sudah kita casting untuk disiapkan menjadi atlet Downhill. Menurut pelatih timnas ISSI, atlet BMX memang bisa menjadi bibit yang baik untuk DH dan sepeda lainnya, untuk di Banyuwangi baru Ayu dan Alia saja yang benar-benar menguasai DH. Karena itu sekarang kita rekrut lagi,” pungkasnya.

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia