Selasa, 15 Oct 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Ekonomi Bisnis

Kolaborasi Pemkab dengan Go-Jek, Warga Miskin Bisa Terlayani

18 November 2017, 17: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

KERJA SAMA: Bupati Anas bersama dengan CEO Go-Jek Nadiem Makarim usai penandatanganan kerja sama Pemkab Banyuwangi dengan Go-Jek di Jakarta kemarin.

KERJA SAMA: Bupati Anas bersama dengan CEO Go-Jek Nadiem Makarim usai penandatanganan kerja sama Pemkab Banyuwangi dengan Go-Jek di Jakarta kemarin. (Humas Pemkab BWI For RaBa)

Share this          

JAKARTA - Pemkab Banyuwangi dan Go-Jek Indonesia berkolaborasi memperluas sinergi untuk meningkatkan pelayanan publik. Ini merupakan kolaborasi pertama di Indonesia antara Go-Jek dan pemerintah daerah.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemanfaatan teknologi tidak dapat dihindari. Pemerintah daerah harus dapat memanfaatkannya untuk pelayanan kepada masyarakat. ”Ini adalah wujud konkret pemerintahan daerah merangkul inovasi-inovasi sosial, karena pemerintah jelas tak bisa berjalan sendirian,” kata Anas.

Selain dengan Go-Jek, sambung Anas, Pemkab Banyuwangi juga telah dan akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan daerah. ”Sebentar lagi kami juga berkolaborasi dengan start-up teknologi kelas dunia untuk pemerataan pendidikan. Kami ingin bukan hanya anak orang kaya yang bisa dapat les tambahan, tapi juga anak warga miskin lewat pembelajaran berbasis internet hingga ke desa-desa,” kata Anas.

Kolaborasi antara Go-Jek dan Pemkab Banyuwangi di antaranya pengantaran obat untuk program ”Gancang Aron”, yaitu program pengiriman obat bagi warga miskin yang sedang sakit. Gancang aron dalam bahasa setempat berarti ‘lekas sembuh’.

Setelah memeriksakan diri ke dokter, warga tinggal mendaftarkan diri di pos yang sudah disiapkan di rumah sakit daerah. ”Warga yang sakit bisa langsung pulang beristirahat, tanpa harus antre menunggu obat,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono.

Selain itu, ada program kolaborasi pengenalan dan promosi UMKM kuliner Banyuwangi melalui Pesta Kuliner Go-Food dan kerja sama dengan perusahaan transportasi lokal.

CEO Go-Jek Nadiem Makarim mengatakan, ini adalah kolaborasi resmi pertama Go-Jek dengan pemerintah daerah. ”Kami sangat senang bisa berkolaborasi. Tangan terbuka dari Banyuwangi ini saya kira berperan luar biasa dalam mendorong ekosistem digital di Indonesia, bagaimana kita bersama-sama memanfaatkan teknologi untuk membantu masyarakat,” ujar Nadiem.

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia