Jumat, 19 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Kesehatan

Hidup Sebatang Kara, Mbah Rebi Dirawat RSI Fatimah

18 November 2017, 07: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEBATANG KARA: Mbah Rebi saat dicek kesehatannya oleh tim medis RSI Fatimah

SEBATANG KARA: Mbah Rebi saat dicek kesehatannya oleh tim medis RSI Fatimah (TOHA/RABA)

Share this          

BANYUWANGI—Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah bergerak cepat dalam membantu warga kurang mampu. Seperti yang terjadi Kamis kemarin (16/11). Saat menerima laporan ada seorang nenek tua hidup sendiri dan sedang mengalami sakit, tim medis RSI Fatimah langsung mencari nenek tua tersebut yang diketahui bernama Mbah Rebi, 95, warga Lingkungan Stendo, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi. Dia hidup sendiri tanpa ada suami dan anak dalam keadaan yang memprihatinkan.

Direktur RSI Fatimah Banyuwangi dr Selamat Widodo MKes SpOG mengatakan, saat menerima laporan dari warga yang diketahui bernama Mbah Rebi ini, dia memerintahkan tim medis RSI Fatimah untuk melihat kondisinya. Melihat kondisinya lemah, maka tim medis pun berinisiatif membawa Mbah Rebi ke RSI Fatimah untuk diperiksa kesehatannya.

”Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab rumah sakit terhadap masyarakat kurang mampu. Sekaligus ini adalah bentuk sinergi RSI Fatimah dengan program Pemkab Banyuwangi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saat peringatan HKN Selasa (14/11) lalu di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Bupati Anas meminta kepada seluruh rumah sakit untuk meningkatkan CSR, maka saat ini kami berusaha mengemban amanat tersebut,” kata dr Selamat kemarin.

Dikatakan, saat di RSI Fatimah, kondisi Mbah Rebi sangat lemah dan langsung ditangani oleh tim medis. Meski tidak menjalani opname, namun RSI Fatimah akan memantau perkembangan kesehatannya dan siap memberikan penanganan lebih lanjut. ”Insya Allah setiap saat akan kami lihat kondisi Mbah Rebi dan kami beri obat untuk beliau,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyuwangi Ainur Rofiq ST MM menambahkan, saat ini Muhammadiyah sedang memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-108. Dalam milad ini tema yang diusung adalah Filantropi Muhammadiyah, yaitu Muhammadiyah peduli kepada masyarakat kurang mampu.

Karena itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi memberikan apresiasi kepada RSI Fatimah yang telah menjalankan amanat milad (ulang tahun) dengan membantu sesama, seperti membantu Mbah Rebi ini.

Terkait hal ini, maka Muhammadiyah melalui LAZIS Muhammadiyah akan memberikan bantuan untuk kebutuhan makannya setiap bulan. ”Mbah Rebi ini menginspirasi kami untuk membuat panti jompo. Tentu, ada banyak Mbak Rebi di daerah lain yang seperti ini. Mudah-mudahan pendirian panti jompo ini segera terealisasi. Dan kami menyampaikan terima kasih kepada Pak RT Mashudiono dan warganya yang telah memberikan informasi terkait Mbah Rebi ini,” pungkas Kabag Keuangan RSI Fatimah ini.

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia