Jumat, 19 Jul 2019
radarbanyuwangi
icon featured
Banyuwangi
Haji 2017

Tuntas Tunaikan Rukun Haji, Jamaah Sempatkan Tawaf Perpisahan

08 September 2017, 09: 55: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

DI DEPAN KAKBAH: Jamaah bersyukur setelah menuntaskan  tawaf ifadah, Selasa malam (5/9).

DI DEPAN KAKBAH: Jamaah bersyukur setelah menuntaskan tawaf ifadah, Selasa malam (5/9). (ZUROIDA IMAWAN FOR RABA)

Share this          

MAKKAH – Usai beristirahat di hotel pasca kembali dari Arafah, Musdalifah, dan Mina (Armina), jamaah haji asal Banyuwangi kloter 35, 36, dan 37 langsung melaksanakan salah satu rangkaian ibadah haji, yakni tawaf ifadah. Tawaf ini merupakan rukun haji yang wajib dijalankan oleh para jamaah.

Tim liputan haji Jawa Pos Radar Banyuwangi, Zuroida Imawan melaporkan, tawaf ifadah dilaksanakan pada malam hari, yakni bakda salat isyak. Seluruh pelaksanaan berjalan lancar. Khusus untuk jamaah lanjut usia (lansia) dan risiko tinggi, pelaksanaannya tidak bersamaan dengan jamaah lain. “Khusus para lansia dan dengan risiko tinggi, mereka melaksanakannya setelah salat subuh didampingi petugas kloter dan kesehatan,” ungkapnya.

Usai melaksanakan tawaf ifadah dan sa’i, tidak sedikit jamaah yang berlinang air mata. Mereka merasa haru karena sudah tuntas melaksanakan seluruh rukun haji yang cukup berat dan menguras tenaga. “Begitu selesai, jamaah langsung saling berpelukan. Mereka terharu,” jelas Zuroida.

Sementara itu, ketua kloter 36, Mustain Hakim mengatakan, pelaksanaan tawaf ifadah dan sa’i dapat dituntaskan pada malam hari,  mulai pukul 22.00 hingga pukul 01.00 Waktu Arab Saudi (WAS).     Dengan demikian, jamaah sudah resmi menyandang predikat haji. “Jamaah langsung berdoa menangis haru, karena telah merampungkan seluruh prosesi rukun haji yang cukup melelahkan dan butuh perjuangan. Semoga kita semua menjadi haji yang mabrur dan maqbul,” harap Mustain.

Usai pelaksanaan tawaf ifadah, jamaah harus bersiap untuk pengecekkan paspor di maktab, penimbangan koper, dan pemberangkatan ke Jeddah. Sembari menunggu waktu pemeriksaan paspor dan penimbangan tas koper, jamaah diperbolehkan melakukan kegiatan seperti salat di Masjidil Haram, membaca Alquran, berzkir, dan amalan lainnya.

Sebelum meninggalkan Tanah Suci, jamaah juga masih akan melaksanaan rangkaian tawaf wada' atau tawaf perpisahan. Hanya saja, waktu pelaksanaan tawaf wada’ tersebut dilakukan pada akhir kegiatan ibadah jamaah haji di Makkah menjelang pulang ke Tanah Air. Dijadwalkan, tawaf wada’ akan dilaksanakan tanggal 15 atau 16 September mendatang. (ddy/aif)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia