Sabtu, 21 Jul 2018
radarbanyuwangi
icon featured
Finance

Kantor Pajak Incar WP Yang Tak Sampaikan Laporan SPT

Even SpecTAXcular Ajang Sosialisasi Pajak

Senin, 19 Mar 2018 17:35 | editor : Ali Sodiqin

KANTOR PAJAK BERSAHABAT: Suasana SpecTAXcular yang digelar dalam upaya meningkatkan kesadaran Wajib Pajak (WP) yang digelar di area Car Free Day Taman Blambangan, Minggu (18/3).

KANTOR PAJAK BERSAHABAT: Suasana SpecTAXcular yang digelar dalam upaya meningkatkan kesadaran Wajib Pajak (WP) yang digelar di area Car Free Day Taman Blambangan, Minggu (18/3). (Sidrotul Muntoha/Radar Banyuwangi)

JawaPos.com — Even SpecTAXcular yang digelar dalam upaya meningkatkan kesadaran Wajib Pajak (WP) yang digelar Minggu (18/3) di area Car Free Day Taman Blambangan berlangsung meriah. Meski hanya digelar selama tiga jam, namun sangat efektif dalam menyosialisasikan berbagai program pajak, terutama pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang akan berakhir hingga 31 Maret 2018.

Kepala KPP Pratama Banyuwangi Yunus Darmono mengatakan, acara SpecTAXcular ini serentak secara nasional yang digelar pada hari ini Minggu (18/3). Targetnya adalah sosialisasi pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang akan berakhir hingga 31 Maret 2018 dan WP Badan berakhir hingga 30 April 2018. “Jika dalam masa waktu pelaporan tersebut WP tidak melakukan maka akan ada denda Rp 100 ribu untuk WPOP dan denda Rp1 juta untuk WP Badan,” kata Yunus kemarin.

Dikatakan, hingga saat ini WPOP yang menyampaikan SPT Tahunannya masih sekitar 27 persen dari 74 ribu WPOP. Namun, pihaknya optimistis jika hingga berakhirnya masa penyampain pelaporan SPT Tahunan akan sesuai target. “Kebiasan-kebiasan WP selalu mendekati berakhirnya masa pelaporan,” terangnya.

Padahal, lanjut Yunus, penyampaian SPT sudah dimudahkan dilakukan, karena untuk pembayaran bisa dilakukan dengan e-Billing, sedangkan penyampaian SPT bisa dilakukan dengan e-Filing, jadi tidak perlu harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak dan ke Bank, cukup dilakukan lewat internet. Dimana E-flling merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh DJP untuk mempermudah pelaporan SPT Tahunan yang dapat diakses melalui alamat website www.djponline.pajak.go.id.

“Kalau menyampaikan lebih awal menjadi lebih nyaman karena penyampaian SPT sekarang ini sudah sangat mudah pembayaran melalui e-Billing dan penyampaian melalui internet e-Filing, jadi tidak perlu lagi datang ke kantor pajak dan bank,” kata Yunus.

Sementara itu, suasana SpecTAXcular semakin hangat dengan kehadiran penyanyi nasional dan lokal. Diantaranya, Fitri Tamara, Sevia Yunita, Sigit Alvaro, Ajeng, Arief Chitenx dan Nisa Farisa. Bahkan animo masyarakat dalam menggunting kupon SpecTAXcular yang ada di Koran Radar Banyuwangi lumayan tinggi. “Terima kasih kepada para sponsor, Bank Jatim, BRI, Radar Banyuwangi dan VIS FM,” pungkasnya.

(bw/rri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia