Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Tahun Ini, NPC Dapat Hibah Olahraga

14 Januari 2022, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Tahun Ini, NPC Dapat Hibah Olahraga

DAPAT HIBAH : Atlet Disabilitas Netra dari cabor lompat jauh putra, Wahyu Nur Rohman, saat menerima reward Bupati, Ipuk Fiestiandani di pendapa Sabha Swagatha Oktober lalu. (Humas Pemkab BWI for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI - Langkah Komite olahraga paralimpic Banyuwangi untuk memperjuangkan eksistensi mereka membuahkan hasil. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tahun ini memberikan anggaran hibah organisasi olahraga atlet penyandang disabilitas itu.

Sebelumnya para atlet tergabung dalam NPC (National Paralimpic Comitte) Banyuwangi juga mendapatkan reward bersama para atlet Banyuwangi berlaga di PON pada Oktober lalu. Kadispora Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi mengatakan anggaran hibah olahraga sudah ada di Dispora Banyuwangi.

Saat ini pihak tengah menghitung berapa proporsi  akan disalurkan. Anggaran hibah olahraga sendiri akan diberikan kepada KONI Banyuwangi dan NPC Banyuwangi.

Baca juga: Realisasi PAD Banyuwangi Tembus 102 Persen

Kedua organisasi tersebut sama-sama melakukan pembinaan untuk olahraga di Banyuwangi. Namun, Aziz belum berani memastikan berapa besaran anggaran akan diterima NPC dan KONI tahun ini. Yang jelas anggaran itu diberikan untuk mendukung perkembangan olahraga di Banyuwangi. "Saya tidak bisa sebutkan. Yang jelas anggaran itu nanti dikelola KONI dan NPC, karena bentuknya dana hibah, untuk KONI nanti kemungkinan menjadi satu Porprov dan pembinaan," kata Aziz.

Sekretaris Kabupaten Banyuwangi, Mujiono menambahkan pemerintah sudah mendengarkan paparan dari KONI Banyuwangi persiapan dan target mereka di ajang Porprov 2022 ini. Pemkab sendiri berharap, Banyuwangi bisa naik ke peringkat 5 besar. Di tahun 2019 lalu, Banyuwangi mendapat posisi ke 8 dari 38 kabupaten kota peserta Porprov Jatim. "Kita harap bisa di posisi lebih baik. Karena paparan dari KONI kita sudah lihat cukup rasional meskipun di kondisi pandemi," kata Mujiono.

Mantan Kadis PU Binamarga itu juga memastikan besaran dana hibah untuk KONI tahun ini lebih tinggi dari tahun 2019 lalu. Hal itu menurut, untuk menyesuaikan dengan target Pemkab. Terkait besaranya, Mujiono juga masih enggan membeberkan. "Yang jelas kita kejar target 5 besar, kita support dengan realisasi dana hibah yang lebih tinggi dari tahun lalu. Untuk range nya kita sesuaikan dengan pengajuan KONI dan kemampuan kita," tegasnya.

Sekadar informasi, tahun 2019 lalu KONI Banyuwangi mendapat anggaran sebesar Rp 2,7 Miliar  pembinaan dan keikutsertaan di Porprov 2019. Tahun 2021 lalu, KONI Banyuwangi melakukan pemaparan untuk proyeksi kebutuhan anggaran mereka di Porprov 2022. Mulai dari besaran Rp 14 Miliar, Rp 9 Miliar, Rp 7 Miliar hingga Rp 5 Miliar. Besaran itu menyesuaikan persiapan untuk mencapai target pemerintah. Mulai biaya seleksi, TC, pelaksanaan Porprov hingga pemberian reward. "Kita sesuaikan besaran dengan target yang ingin dicapai pemerintah. Kita berharap anggaran hibahnya semakin baik supaya target bisa kita realisasikan," ujar Ketua KONI Banyuwangi, Mukayin.

(bw/fre/rbs/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia