Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Bupati Bogor Eksplor Pariwisata Banyuwangi

13 Januari 2022, 06: 57: 57 WIB | editor : Bayu Saksono

Bupati Bogor Eksplor Pariwisata Banyuwangi

Share this      

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Banyuwangi tak henti-hentinya menjadi jujugan, baik wisatawan, pelajar, hingga kalangan pejabat. Kali ini, giliran Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin yang berkesempatan mengunjungi kabupaten the Sunrise of Java ini.

Ade mengaku terkesan dengan keindahan alam hingga kuliner Banyuwangi. ”Banyuwangi indah. Enggak nyangka banyak tempat bagus di Banyuwangi. Bukan cuma destinasi, pendapanya juga indah, nyaman banget,” kata Ade saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (12/1).

Dua pemimpin perempuan tersebut terlihat berbincang hangat di halaman belakang Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Orang nomor satu di Kabupaten Bogor tersebut mengunjungi Banyuwangi selama tiga hari, yakni mulai 10–12 Januari 2022.

Baca juga: Menko Airlangga: Program Prioritas PEN Digenjot Sejak Awal Tahun

Bupati Bogor Eksplor Pariwisata Banyuwangi

(Dini For RaBa)

Selama berada di Bumi Blambangan, Ade berkeliling mengunjungi sejumlah destinasi wisata. Di antaranya, Pantai Marina Boom dan hutan De Djawatan yang eksotis dengan koleksi puluhan pohon trembesi tua berusia ratusan tahun. 

Ade juga mengunjungi pendapa kabupaten yang mengusung konsep green building. Di dalamnya ada gundukan tanah menyerupai bugnker dengan rerumputan yang hijau, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai ”Bukit Teletubbies”. Di halaman belakang pendapa juga ada sebuah sumur Sri Tanjung yang menjadi asal-muasal nama Banyuwangi. Ade pun mengaku terpukau dengan keindahan pendapa berusia 250 tahun tersebut. 

Ade juga berkesempatan mencicipi kuliner khas Banyuwangi, salah satunya nasi tempong. Dia pun mengaku puas dengan cita rasa masakan Bumi Blambangan. ”Banyuwangi is the best deh. Makanannya, nasi tempongnya pedas, enak. Sampai keasyikan saya makannya,” selorohnya. 

Selain itu, Ade juga staycation menikmati suguhan berbagai atraksi wisata Banyuwangi di hotel tempat ia menginap. ”Di Bogor kan gunung, Banyuwangi ada lautnya, menyenangkan. Insya Allah saya akan datang lagi ke Banyuwangi. Kepingin nyicipin durian merah,” kata Ade kepada Bupati Ipuk.

Sementara itu, Ipuk mengaku dalam pertemuan tersebut mereka saling sharing banyak hal, khususnya masalah pemerintahan. Mulai masalah penanganan pandemi hingga kebijakan-kebijakan untuk pemulihan ekonomi di daerah.

Bupati Ipuk juga terinspirasi dengan berbagai program yang digagas Ade di Bogor. ”Saya belajar dari beliau, tentang berbagai program pengembangan UMKM, penguatan reformasi birokrasi, dan sebagainya,” ujarnya.

”Banyak hal yang kami diskusikan tadi. Pertemuan informal semacam ini pastinya bermanfaat bagi kami. Nambah ilmu dan pengalaman dalam memimpin daerah dengan segala dinamikanya. Terima kasih Bupati Ade telah berkunjung ke Banyuwangi,” kata Ipuk. 

(bw/sgt/rbs/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia