Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Mutasi Jilid II: Ada Yang Rotasi, Ada Yang Promosi

01 Desember 2021, 11: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Mutasi Jilid II: Ada Yang Rotasi, Ada Yang Promosi

PELANTIKAN: Bupati Ipuk Fiestiandani mengambil sumpah dan janji kepada 128 PNS yang dilantik di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Senin (29/11). (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Gelombang mutasi kembali terjadi di internal Pemkab Banyuwangi, Senin (29/11). Kali ini, sebanyak 128 pegawai negeri sipil (PNS) dipercaya menempati jabatan baru. Ada yang promosi, ada pula yang sekadar rotasi dari satu jabatan ke jabatan lain dengan jenjang eselon yang setara.

Bongkar pasang jabatan aparatur sipil negara (ASN) jilid II di era kepemimpinan Bupati Ipuk Fiestiandani kali ini lebih dahsyat dibandingkan mutasi edisi perdana yang digeber kurang dari sebulan lalu. Betapa tidak, ASN yang dimutasi tidak hanya berstatus pegawai eselon III dan IV, tetapi juga eselon II alias pejabat setingkat kepala dinas, badan, maupun asisten pemkab. Termasuk dua pejabat eselon II hasil seleksi terbuka alias lelang jabatan yang digeber sejak Oktober lalu.

Dua pejabat hasil lelang jabatan yang kemarin dilantik adalah Henik Setyorini dan Nanin Octaviantie. Henik dan Nanin yang sebelumnya berstatus pejabat eselon III kini promosi jabatan ke eselon II. Henik dipercaya mengemban amanah sebagai Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana (Dinsos-PPKB). Sedangkan Nanin dipercaya menempati posisi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskop-UMP).

Baca juga: Sekkab Tegaskan Dana Banpol Masih Dalam Pembahasan

Selain Henik dan Nanin yang promosi jabatan, ada sejumlah pejabat lain yang mengalami pergeseran posisi di tataran eselon II. Di antaranya Husnul Chotimah yang kini ditugaskan sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) menggantikan Dwi Yanto. Sedangkan Dwi Yanto diplot menduduki jabatan baru sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi.

Selain itu, Arief Setiawan menduduki posisi baru sebagai Asisten Pemerintahan menggantikan Sih Wahyudi yang diplot dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Sebelumnya, Kepala Bapenda diduduki Alief Rachman Kartiono yang pada mutasi kali ini ditempatkan pada jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perikanan.

Tidak hanya pejabat eselon II, mutasi kali ini juga menimpa pegawai eselon III dan IV. Tidak terkecuali sejumlah camat di Bumi Blambangan.

Sementara itu, selain dua pejabat yang promosi menjadi pegawai eselon II, ada pula 11 pejabat yang promosi jabatan menjadi eselon IIIa, 15 pejabat yang promosi ke eselon IIIb, serta 12 staf pemkab yang promosi ke eselon IVa. Pelantikan pejabat baru tersebut dipimpin langsung Bupati Ipuk Fiestiandani di pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin (29/11).

Bupati Ipuk mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam penyusunan ”kabinet” kali ini. Sebab, dia ingin tim tersebut bisa langsung bekerja. ”Saya ingin tim yang saya buat semuanya menunjukkan dan melaksanakan kinerja dengan baik,” ujarnya.

Ipuk menegaskan, dirinya tidak meminta imbalan apa pun dari semua pejabat yang dilantik kemarin. Dia menggarisbawahi, yang dia butuhkan hanya satu, yakni kinerja terbaik dari semua pejabat yang dilantik. ”Saya tidak minta apa-apa kepada Bapak dan Ibu sekalian. Yang saya minta hanya satu, tingkatkan kinerja untuk rakyat,” pintanya.

Ipuk juga meminta pejabat yang ditempatkan di tempat yang baru tersebut, terutama para camat, agar sering-sering turun ke lapangan. Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui secara langsung kendala atau permasalahan yang dihadapi masyarakat. ”Setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat, beri mereka solusi,” tegasnya.

Bukan itu saja, Ipuk menegaskan kepada seluruh ASN Pemkab Banyuwangi agar mempertahankan super team yang selama ini telah terbangun. ”Kinerja super team tersebut jangan sampai menurun. Sebaliknya, kinerja super team itu harus ditingkatkan,” pungkasnya. 

(bw/sgt/aif/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia