BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Puluhan siswa MTs Negeri 2 Bondowoso berkunjung ke kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin (9/6). Mereka ingin mendapatkan pengalaman cara menulis berita hingga menerbitkannya dalam bentuk koran.

Kunjungan tersebut dikemas dalam kegiatan ”Study Tour Konservasi Biota Laut”. Selama tiga hari mereka berada di Banyuwangi. Rombongan yang didampingi guru, lebih dulu mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi. Di antaranya Djawatan, Pantai Pulau Merah, Wedi Ireng, Pantai Boom, dan Cacalan.

Hari ini rombongan berwisata di rumah apung Bangsring Underwater. Di sana, mereka bisa belajar soal pembuatan transplantasi terumbu karang dan menikmati keindahan rumah apung. Siswa yang ikut study tour kemarin dari kelas unggulan. Mereka punya banyak prestasi.

Selain belajar di destinasi wisata, para guru juga ingin mengenalkan anak didik tentang dunia kewartawanan atau jurnalistik. Selama di kantor Radar Banyuwangi, siswa mendapatkan materi teknik mencari dan menulis berita dari Pemimpin Redaksi Syaifuddin Mahmud.

Satu jam lamanya, siswa diajak menyimak penjelasan tentang tulis-menulis. Siswa begitu antusias, bahkan ada banyak yang melontarkan pertanyaan. ”Kami merasa senang telah dikunjungi rombongan siswa dari MTsN 2 Bondowoso. Semoga setelah mendapatkan ilmu jurnalistik bisa langsung dipraktikkan dalam kegiatan tulis-menulis,” kata Beny Siswanto, kru Radar Banyuwangi yang mengawal kunjungan. (sgt/aif/c1)