Menggali Fakta tentang Tidur Sementara

Oleh: A. Fauzarrohman*

MENGGALI fakta tentang tidur sementara? Tentunya Anda paham dengan judul tersebut bukan? Tidur merupakan pekerjaan yang tidak pernah manusia tinggalkan satu hari pun setiap hari. Kecuali mereka yang sibuk memikirkan dunia seperti lebih mementingkan pekerjaannya ketimbang dengan kesehatannya, dan mereka yang berjihad fisabilillah seperti tidak akan tidur sebelum membawa kemerdekaan bagi negaranya, Indonesia misalnya.

Tidur di sini mempunyai definisi tersendiri. Yaitu menutup kedua mata tanpa alat apa pun, diam (dalam kondisi terlentang, duduk, atau berdiri), kemudian bernapas secara teratur tanpa diatur.

Menurut ilmu dokter yang saya ketahui, manusia butuh tidur minimal delapan jam per hari agar kondisi tubuhnya kembali segar di keesokan harinya. Dan dipastikan tidur delapan jam itu sudah cukup lama bagi orang-orang yang sibuk.

Kadang kala, kita saat tidur sering mengalami yang namanya mimpi. Entah itu mimpi yang baik atau pun mimpi yang buruk. Itu sudah biasa dialami oleh mereka yang tidurnya berjam-jam dan hanya mempunyai sebentar dari waktu tidurnya.

Tapi pernahkah Anda tidur selama beberapa menit lalu bermimpi, dan di mimpi itu Anda seakan-akan sudah berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu menjalaninya? Padahal Anda hanya tidur sebentar. Lalu kenapa mimpinya lebih lama dari waktu kita yang hanya beberapa menit saja? Dan apa penyebab terjadinya kejadian seperti itu?

Baca Juga :  Mari Menyalakan Lilin daripada Mengutuk Kegelapan

Oleh karena itu, di sini saya akan berbagi apa saja yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut. Menurut yang saya ketahui dan saya alami, juga dari beberapa orang yang sudah saya tanyakan, hingga tercetus beberapa jawaban yang semuanya hampir sama. Berikut ini adalah faktor penyebab kita mengalami mimpi yang panjang pada saat tidur beberapa menit saja.

Pertama, Banyak Pikiran. Mereka yang banyak pikiran sering kali mengalaminya, dan akan mengalaminya saat suasana sedang ramai, lalu memutuskan untuk tidak peduli, dan lebih memilih untuk tidur di tengah keramaian tersebut.

Kedua, Sakit. Orang yang sakit sangat mudah mengalaminya, sebab dalam kondisi sakit biasanya orang tersebut diharuskan yang namanya untuk selalu istirahat agar cepat sembuh, dalam arti peluang terjadinya mimpi panjang di saat durasi tidur yang sebentar itu lebih besar.

Baca Juga :  Karya Sastra dan Celah Pengembangan Moderasi Beragama

Ketiga, Tidur di Tempat Asing. Tanpa saya jelaskan Anda pasti tahu alasan kenapa tidur di tempat asing itu juga menjadi faktor terjadinya mimpi panjang di saat durasi tidur yang sebentar. Yaps, benar sekali. Penyebabnya adalah diganggu oleh makhluk halus, tetapi itu jarang sekali terjadi dan juga tergantung dengan orang yang tidur model seperti apa, atau pun makhluk halus yang mengganggu itu model seperti apa.

Keempat, Suka Berkhayal. Dari beberapa orang yang sudah saya tanyakan, kebanyakan dari mereka menjawab bahwa orang yang sering bermimpi panjang dalam durasi tidur yang sebentar itu, karena orang yang mengalami hal tersebut suka berkhayal. Sehingga hal tersebut menimbulkan efek yang namanya terbawa ke dalam mimpi secara sendirinya.

Nah, keempat jawaban itulah hasil dari pengetahuan dan pengalaman saya. Juga hasil dari beberapa orang yang sudah saya tanyakan. Jika Anda pernah mengalaminya, pasti dari keempat jawaban di atas ada yang sesuai dengan keadaan Anda waktu itu. (*)

*) Siswa aktif SMA Ibrahimy 1 Sukorejo, Situbondo.