Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kolom
icon featured
Kolom

Gembira Menyambut Hari Senin

Oleh: Linda Mustika Hartiwi*

22 November 2021, 08: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Gembira Menyambut Hari Senin

Share this      

HARI Senin bagi sebagian orang merupakan hari yang kurang atau tidak menyenangkan. Bahkan, sering kali juga menjadi hari yang menakutkan. Sindrom I Hate Monday membuat sebagian orang enggan atau malas untuk memulai rutinitas yang harus dilakukan di hari Senin, yang merupakan hari di awal pekan.

Timbulnya rasa kurang atau tidak menyenangkan di hari Senin bagi sebagian orang, mungkin karena ada banyak pekerjaan yang menanti untuk dikerjakan. Atau juga, karena akan bertemu dengan orang yang selama ini menyebalkan. Atau mungkin harus melakukan aktivitas yang membuat diri harus sabar berada dalam antrean panjang bersama orang lain. Atau kemungkinan-kemungkinan lainnya, yang membuat semangat seseorang menjadi kendur di hari Senin.

Hal yang paling sering dan lumrah dilakukan oleh sebagian orang di dalam menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari, adalah membuat jeda waktu di setiap akhir pekan. Ini untuk memanjakan diri, dengan menyalurkan hobi, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat dengan beragam aktivitas. Contohnya seperti melakukan wisata, pergi ke pusat perbelanjaan, berkunjung ke orang tua maupun saudara, atau hanya sekadar jalan-jalan santai. Jeda waktu yang dimaksud umumnya dilakukan orang di setiap hari Sabtu atau hari Minggu.

Baca juga: Pemanfaatan Mocaf sebagai Alternatif Pengganti Terigu

Beragam aktivitas yang dilakukan sehari atau dua hari sebelum hari Senin tersebut, membuat hati menjadi senang karena terbebas dari kejenuhan rutinitas aktivitas untuk sementara waktu. Dan membuat diri menjadi malas beranjak menyambut hari Senin. Padahal mau tidak mau, atau suka tidak suka, hari Senin adalah hari yang harus dilalui oleh seseorang dalam beraktivitas sehari-hari.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar hati gembira untuk menyambut hari Senin, yang sebenarnya juga sama dengan hari-hari lainnya dalam satu minggu?

Bersyukur adalah sikap utama yang bisa dilakukan untuk gembira menyambut hari Senin di setiap awal pekan. Bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan hari Senin kembali setelah seminggu berselang. Juga bersyukur diberikan keadaan tubuh dan jiwa yang sehat untuk memulai aktivitas di hari Senin. Bisa dibayangkan, kalau kita diberikan ujian sakit baik fisik maupun psikis, tentu kita tidak akan bisa beraktivitas dengan baik.

Menyambut hari Senin dengan gembira juga bisa terwujud dengan melakukan istirahat atau tidur yang cukup. Sehingga tubuh dan jiwa dalam keadaan yang segar saat bangun di hari Senin pagi. Agar bisa beristirahat dengan cukup, misalnya dengan membatasi waktu saat memanjakan diri atau saat pergi bersama keluarga maupun handai tolan di hari libur kerja.

Mungkin dengan mengawali kegiatan mengisi hari libur dengan waktu yang lebih pagi, dan mengakhirinya dengan pulang atau sampai di rumah kembali di waktu yang tidak terlalu larut malam. Dengan melakukan pengaturan waktu aktivitas di hari libur kerja yang tepat dan bijak, diharapkan akan membuat diri mampu untuk melakukan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Menyantap menu sarapan yang sehat dengan gizi yang seimbang, agar tubuh senantiasa bugar untuk melakukan aktivitas di hari Senin pagi juga penting dilakukan. Agar tidak terburu-buru waktu dalam menyiapkan dan menyantap menu sarapan, bisa disiasati dengan mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak di hari sebelumnya.

Misalnya, menyiapkan bumbu atau sayur dan lauk pauk yang siap untuk diolah di hari Senin pagi. Atau kalau mungkin tidak terbiasa sarapan dengan nasi beserta sayur dan lauk pauk, bisa mengisi perut dengan menu sarapan lainnya seperti roti, telur rebus, jus buah, atau segelas susu. Mengawali hari dengan menu sarapan yang sarat gizi akan membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Hal lain yang tak kalah penting dalam mengawali awal pekan di hari Senin adalah sikap optimistis dan berpikir positif, yang merupakan kekuatan diri untuk meraih keberhasilan yang diinginkan. Sikap optimistis dan pikiran-pikiran yang baik, akan membuat semua kemungkinan dan harapan yang terjadi juga menjadi baik adanya.

Demikian uraian mengenai hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menyambut setiap hari Senin, dengan hati yang gembira dan bersemangat dalam melakukan aktivitas kehidupan kita. Serta mampu untuk menghalau rasa malas yang berlebihan di setiap hari Senin. Selamat berkarya di hari Senin. (*)

*) Warga Dusun Cangaan, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia