Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Info Rumah Sakit
icon featured
Info Rumah Sakit

RS Al Huda Layani Pemeriksaan Hormon Tiroid

24 November 2021, 12: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RS Al Huda Layani Pemeriksaan Hormon Tiroid

DIDUKUNG ALAT TES KREDIBEL: Analis medis RS Al Huda melakukan pemeriksaan hormon tiroid dengan alas tes Mini Vidas. (RS Al Huda Gambiran for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Rumah Sakit Al Huda (RSAH) terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan. Salah satunya yakni dengan mengoptimalkan layanan penunjang pemeriksaan hormon tiroid di Instalasi Laboratorium RSAH yang buka 24 jam.

Layanan ini di-support dengan alat tes atau pemeriksaan yang kredibel, yaitu Mini Vidas untuk mengetahui kondisi hormon tiroid dalam tubuh. Masyarakat dapat mengetahui apakah hormon tiroid bekerja dengan normal, di bawah normal (hipotiroid), atau di atas normal (hipertiroid).

dr Ade Rochaeni SpPK selaku Kepala Instalasi Laboratorium RS Al Huda menjelaskan, hormon tiroid yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terutama terdiri dari triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4). ”Kedua hormon tersebut berfungsi mengatur metabolisme tubuh, mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lain, mengatur kecepatan tubuh dalam membakar, dan membuat energi serta membuat protein,” kata Ade.

Baca juga: RS Al Huda Hadirkan Klinik Psikologi

Ade menambahkan, kinerja kelenjar tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari (hipofisis) yang terletak di bagian bawah otak. Kelenjar pituitari akan melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH) untuk merangsang produksi lebih banyak hormon tiroid jika kadar hormon tiroid dalam tubuh terlalu rendah.  Hal ini juga berlaku sebaliknya jika kadar hormon tiroid dalam tubuh sudah memadai/normal.

”Keseimbangan hormon tiroid merupakan kunci dari kondisi kelenjar tiroid yang sehat. Produksi hormon tiroid yang tidak seimbang dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti hipotiroid dan hipertiroid,” jelas Ade.

Ada beberapa tanda-tanda yang terlihat jika produksi hormon tiroid di bawah normal, yaitu denyut nadi lambat, berat badan naik, kulit kering, cepat merasa lelah, sulit buang air besar, dan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Sebaliknya jika kadar hormon di atas normal, maka denyut nadi cepat/tidak teratur, berat badan turun, tangan dan jari tremor/ gemetar, dan sering buang air besar.

Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut, segera konsultasikan ke dokter dan periksakan fungsi tiroid di Instalasi Laboratorium RS Al Huda. Hasil pemeriksaan bisa diambil 1–2 jam setelah pengambilan sampel. ”Hasil pemeriksaan laboratorium penting untuk menentukan diagnosis, terapi, dan pemantauan penyakit tiroid,” kata Ade.

Teknis pelayanan pemeriksaan hormon tiroid bisa menghubungi Moh. Kholiq AmdKes selaku Asisten Manajer Instalasi Laboratorium RS Al Huda di nomor 0822-5702-6412 atau (0333) 842033 ext. 141. 

(bw/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia