Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Info Rumah Sakit
icon featured
Info Rumah Sakit

Pelayanan Gizi RSUD Blambangan Berkomitmen Jamin Mutu Hygiene

20 Oktober 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Pelayanan Gizi RSUD Blambangan Berkomitmen Jamin Mutu Hygiene

RAPI: Petugas Gizi sedang mendistribusikan kebutuhan gizi bagi pasien di ruang rawat inap RSUD Blambangan Banyuwangi (Virna RSUD Blambangan for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Bagi pasien yang tengah menjalani rawat inap, selain pengobatan, untuk mempercepat proses penyembuhan salah satunya dengan pemenuhan gizi. Pemenuhan gizi itu harus sesuai dengan kondisi dan diet penyakitnya. Penyelenggaraan makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan Banyuwangi telah sesuai dengan standar akreditasi RS, dengan acuan Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS).

Kepala Instalasi Gizi RSUD Blambangan, Julita Arjawati Amd GZ, membeberkan seluruh proses pelaksanaan penyelenggaraan makanan di Instalasi Gizi. Semua selalu dalam pengawasan ahli gizi yang telah diregistrasi dan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Dalam penyelenggaraan makanan Instalasi Gizi, dimulai dari tahap penerimaan bahan makanan basah / segar dan kering. Semua bahan sesuai spesifikasi yang sudah ditetapkan. Bahan makanan yang telah melewati tahap persiapan kemudian diolah sesuai dengan siklus menu harian.

Baca juga: RSIF Aktif dalam World Clean Up Day

Setelah masakan matang, dilakukan uji cita rasa oleh ahli gizi dan tim sebelum makanan dibawa ke ruang pemorsian makanan. Ahli Gizi RSUD Blambangan juga melakukan pendampingan pada saat pemorsian makanan. Hal ini untuk memastikan kesesuaian jenis makanan, diet, dan standar pemberiannya.

Setelah dilakukan verifikasi oleh Ahli Gizi, kemudian makanan dimasukkan dalam kereta makan. Pendistribusian makanan pasien dilakukan   menggunakan kereta makan tertutup dan dilakukan oleh petugas pramusaji dengan memakai APD

(Alat Pelindung Diri) sesuai standar yang berlaku.

Pramusaji mendistribusikan makanan pasien ke ruang rawat inap sesuai label diet yang tertera pada makanan. Sebelumnya, petugas melakukan identifikasi pasien untuk menghindari terjadinya kesalahan pemberian makanan / diet. Sehingga tercapai penyelenggaraan makanan yang berkualitas. Paripurna dalam mempercepat kesembuhan pasien, dengan komitmen siap menjamin hygiene dan sanitasi makanan, dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi pasien. 

(bw/rbs/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia