Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Sudah Suntikkan 1 Juta Dosis Vaksin, Masih Bertahan di Level 2

24 September 2021, 08: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Sudah Suntikkan 1 Juta Dosis Vaksin, Masih Bertahan di Level 2

VAKSINASI LANSIA: Pemkab Banyuwangi terus mengebut target 50 persen capaian vaksinasi dosis pertama sampai akhir pekan ini. Hingga kemarin, capaian vaksinasi dosis I sudah mencapai 49,07 persen atau 657.681 orang. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI– Status Kabupaten Banyuwangi dalam regulasi PPKM masih berada di Level 2. Meski belum berubah dari status pekan lalu, namun Banyuwangi bisa turun ke Level 3 jika tidak segera menuntaskan 50 persen vaksinasi pada akhir pekan ini.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono kemarin (21/9). Sesuai Inmendagri, Bumi Blambangan tetap menjadi wilayah dengan PPKM Level 2. Semua kebijakan dan aturan pun masih mengacu kepada regulasi PPKM Level 2.

Namun, jika tidak bisa menuntaskan 50 persen capaian vaksinasi dosis pertama sampai akhir pekan ini, Banyuwangi bisa kembali ke Level 3. Karena itu, satgas saat ini tengah fokus untuk bisa mencapai target tersebut. ”Kita harus bisa menyelesaikan 50 persen vaksinasi tahap 1 untuk seluruh sasaran pada Sabtu besok,  termasuk 40 persen untuk lansia,” jelas Rio, sapaan akrab Widji Lestariono.

Baca juga: RSI Fatimah Dukung Percepatan Vaksinasi

Hingga kemarin, capaian vaksinasi dosis 1 di Banyuwangi sudah mencapai 49,07 persen atau 657.681 orang. Sedangkan untuk dosis kedua sudah mencapai 363.059 sasaran atau 27,09 persen dan 5.052 orang untuk dosis ketiga atau 83.09 persen. Jika ditotal, sudah ada 1.025.792 dosis vaksin yang disuntikkan ke masyarakat. ”Capaian dosis kita sudah sampai 1 juta dosis. Tapi kita masih harus menyelesaikan target 50 persen sebelum akhir pekan. Ini yang kita fokus kerjakan saat ini,” imbuh Rio.

Untuk mencapai 50 persen atau 670.111 sasaran, Dinkes harus melakukan vaksinasi untuk 12.430 orang lagi. Dengan kecepatan 14 ribu hingga 15 sasaran per hari, seharusnya angka tersebut mudah tercapai. Namun, di sisi lain vaksinasi yang dilakukan di lapangan tidak seluruhnya bisa diarahkan untuk mengejar sasaran dosis pertama.  Petugas juga harus melakukan vaksinasi untuk masyarakat yang sudah waktunya menerima dosis kedua.

Sementara itu, membaiknya kondisi penyebaran virus korona di Banyuwangi ditandai dengan kosongnya ruang isolasi Covid-19 di RSUD Blambangan. Kepala Ruangan Isolasi RSUD Blambangan Inti Bawono mengatakan, dalam dua hari terakhir ruangan yang dijaga tak lagi berpenghuni. Terakhir, hanya ada empat pasien yang sudah pulang ke rumahnya pada Minggu (19/9) kemarin.

Inti menambahkan, selama sebulan terakhir, jumlah penurunan pasien yang datang ke ruang isolasi cukup signifikan. Kondisi pasien yang datang juga bisa dibilang jauh lebih baik daripada saat bulan Juli lalu. Pasien yang datang rata-rata adalah pasien dengan kondisi bergejala sedang.

Selama sebulan, hanya ada satu pasien saja yang tercatat meninggal dunia. ”Saat ini kita memilih melakukan perawatan ruangan dan alat-alat. Karena selama dua tahun, semua alat terus digunakan tanpa istirahat. Sekarang waktunya,” pungkas Inti.

(bw/fre/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia