Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Siswa SD Mulai Mendapat Suntikan Vaksin Covid-19

24 September 2021, 13: 40: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Siswa SD Mulai Mendapat Suntikan Vaksin Covid-19

CUKUP BAWA KK: Siswi SDN Sobo mendapatkan suntikan vaksin jenis Sinovac di Puskesmas Sobo kemarin. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus mengebut vaksinasi Covid-19. Kemarin (22/9) ratusan siswa SD dari Kecamatan Banyuwangi mendapat vaksinasi dosis pertama di Puskesmas Sobo.

Mengenakan seragam sekolah, sejak pagi anak-anak mengantre di ruang pelayanan vaksinasi Puskesmas Sobo. Setelah melalui tahapan skrining, mereka langsung mendapatkan suntikan vaksin jenis Sinovac. Anak-anak yang sudah berusia 12 tahun ini juga mendapatkan bukti vaksin yang dicetak dengan barcode. ”Kita cari siswa yang usianya sudah 12 tahun. Ada yang masih kelas 5, ada yang sudah kelas 6,” ujar Nurman Dhani, guru SDN Sobo.

Agar tidak bergerombol, siswa diantar jemput oleh guru. Guru kelas ikut mendampingi siswa selama vaksinasi, termasuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan selama vaksinasi. Siswa yang divaksin usianya harus genap 12 tahun. Meskipun ada yang usianya 11 tahun 11 bulan, tetap tidak bisa divaksin.

Baca juga: Cek Kelainan Organ Mata dengan USG Mata

Kepala Puskesmas Sobo Dadang Tri Pitoko menambahkan, ada 129 anak dari jenjang SD yang mendapatkan suntikan vaksin di hari pertama kemarin. Mereka adalah siswa yang sekolahnya masuk di bawah pengawasan Puskesmas Sobo.

Dadang mengatakan, pendataan sudah dilakukan sejak vaksinasi untuk pelajar SMP dan SMA digelar. Puskesmas menghubungi guru-guru dari sekolah yang tergabung dalam grup UKS untuk mencari siswa yang usianya sudah genap 12 tahun. ”Sasarannya remaja usia 12 sampai 17 tahun. Kita siapkan vaksin Sinovac yang KIPI-nya paling rendah,” ungkapnya.

Siswa yang divaksin hanya perlu membawa fotokopi kartu keluarga (KK) untuk menginput data. Setelah itu mereka diskrining seperti sasaran vaksinasi pada umumnya. Mulai dari tekanan darah sampai riwayat penyakit. ”Usianya kita sesuaikan harus 12 tahun. Jika kurang dari 12 tahun tidak bisa diinput ke dalam sistem, setelah itu kita observasi selama 15 menit,” ungkapnya.

Selain siswa SD, Puskesmas Sobo juga menggenjot vaksinasi tahap 1 untuk para lansia dan ibu hamil yang belum tervaksin. ”Kita juga mendorong sasaran yang belum tervaksin. Target kita per hari sampai 400 sasaran, biasanya hanya 300,” tegas Dadang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono menambahkan, saat ini fokus pemerintah kabupaten adalah mempercepat cakupan vaksinasi. Karena itu, sasaran untuk vaksinasi tahap 1 terus diperluas, terutama untuk lansia dan remaja yang belum mendapatkan vaksinasi. ”Dengan tambahan relawan nakes, kami optimistis bisa menyelesaikan target 50 persen sasaran untuk dosis pertama sebelum akhir pekan ini,” kata Rio, panggilan akrabnya.

(bw/fre/aif/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia