Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

JKN-KIS Sangat Berperan Penting Untuk Masyarakat

24 September 2021, 07: 27: 33 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

JKN-KIS Sangat Berperan Penting Untuk Masyarakat

dr. Ika Rahayu Susanti: Direktur Rumah Sakit Nahdatul Ulama Banyuwangi

Share this      

PROGRAM Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan terus mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan inovasinya. Seperti yang dikemukanan oleh direktur Rumah Sakit Nahdatul Ulama Banyuwangi dr. Ika Rahayu Susanti. Ia mengatakan, BPJS Kesehatan sangat diterima oleh masyarakat dan juga inovasinya bisa mempermudah pelayanan.


“Program JKN-KIS ini sangat diperlukan dan membantu masyarakat yang membutuhkan. Mereka bisa berobat ke Fasilatas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) itu sebagian besar menggunakan JKN-KIS, jadi memang program ini sangat berperan penting sekali,” kata Direktur RSNU tersebut. Inovasi yang saat ini sedang dicanangkan adalah antrean online. Terlebih, RSNU ini terpilih menjadi pilot project pada sistem antrean online untuk pelayanan di rumah sakit yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.


“Kami juga bangga bisa terpilih menjadi pilot project untuk sistem antrean online dari BPJS Kesehatan untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi ini. Pastinya, kami akan semaksimal mungkin untuk bisa memberikan kenyamanan bagi pasien yang akan berobat RSNU ini,” ujarnya.

Baca juga: Kunjungan Poli Rehabilitasi Pasca Stroke Meningkat

Ika menuturkan, bahwa saat ini masyarakat sudah sangat mudah mendapatkan layanan JKN-KIS. Sehingga, masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik program tersebut.
“Kami sendiri melihat di lapangan bahwa masyarakat ini bisa memanfaatkan dengan baik program JKN-KIS ini,” tuturnya.

Dengan banyaknya inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, Ika sangat mengapresiasi kehadiran itu semua. Kemajuannya juga sangat terlihat dari kegunaan dan dampak positif yang diperoleh dari inovasi tersebut.

“Kalau dibilang maju, sekarang sudah sangat maju ya dengan banyaknya inovasi-inovasi yang dapat mempermudah layanan di rumah sakit. Terus, dengan perkembangan itu, kami dari pihak rumah sakit harus mengikuti juga perkembangan-perkembangan itu agar bisa terus selaras,” ungkap Ika.

Ika Berharap, BPJS Kesehatan bisa terus bersinergi dengan FKTL maupun FKTP agar pelayanan prima bisa terus diberika kepada masyarakat, sehingga kesehatan masyarakat menjadi lebih terjamin.

“Harapan saya, semua rumah sakit, puskesmas maupun klinik bisa terus bersinergi dengan BPJS Kesehatan. Hal itu tentunya agar masyakarat bisa semakin mudah dalam pelayanan kesehatannya,” tutupnya.

(bw/fre/ics/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia