Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan
BPJS Kesehatan

Dekatkan Layanan ke Masyarakat, Mobile Costumer Service Digelar Lagi

22 Oktober 2021, 12: 39: 44 WIB | editor : Ali Sodiqin

Dekatkan Layanan ke Masyarakat, Mobile Costumer Service Digelar Lagi

Share this      

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banyuwangi kembali melaksanakan Mobile Costumer Service (MCS) untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan  di halaman Radio Bintang Tenggara FM Banyuwangi pada Kamis (21/10). Menurut Supervisor Frontliner Kantor Cabang Banyuwangi Luh Aris Aryandeni Utami, pelayanan MCS ini tidak lain adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat disini masih mengharapkan pelayanan jemput bola seperti MCS ini, hal itu karena jaraknya yang jauh dari Kantor Cabang. Selain itu, Tujuan utama MCS adalah mendekatkan layanan JKN-KIS kepada masyarakat, sehingga dalam pandemi ini layanan MCS tetap dijalankan melihat situasi wilayah setempat.” Tuturnya.

Pelaksanaan MCS juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, peserta tetap dilakukan pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan apabila dimungkinkan atau penggunaan HS jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan serta menjaga jarak antara satu peserta dengan lainnya.

Baca juga: Ajak Warga Senam Bersama, Beri Pelatihan Deteksi Jantung

“Protokol kesehatan menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dan itu tetap kami terapkan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Aris.

Kegiatan MCS kali ini bersinergi dengan Radio Bintang Tenggara yang berulang tahun ke 11 tahun dan juga sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat terkait program JKN-KIS. Menurut Handoyo selaku panitia penyelenggara, antusiasme warga untuk pelayanan BPJS Kesehatan ini sangat tinggi dan mereka berharap untuk pelayanan MCS ini bisa dilakukan kembali di lain waktu.

“Sejak pelayanan BPJS Kesehatan kami umumkan di radio, sudah banyak warga yang menanyakan dan waktu pelaksanaan, sudah banyak warga yang datang dan antri untuk mendapatkan pelayanan,” ungkap Handoyo.

Selain itu, Menurut Indriawati(21) Warga Kecamatan Jajag Banyuwangi, ia merasa terbantu dengan adanya pelayanan MCS ini. Ia datang lebih awal dan keperluannya hanya untuk memindahkan fasilitas kesehatan tingkat pertamanya ke Wilayah Banyuwangi, hal itu karena sebelumnya ia terdaftar di FKTP wilayah Malang Jawa Timur.

“Saya ingin pindah faskes dari malang ke banyuwangi, terus diarahkan untuk akses mobile JKN, saya dipandu sampai selesai. Tidak sampai lima menit, saya bisa ubah faskes dari malang ke Banyuwangi lewat mobile JKN,”ujar Indri.

Sedangkan menurut Nokib Aang Dahmar (36), ia merasa terbantu berkat pelayanan MCS ini. Nokib berhasil mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS mandiri kelas 3 tanpa harus melakukan 2 jam perjalanan.

“Saya dapat info dari Radio Bintang tenggara kalau hari ini ada pelayanan BPJS Kesehatan. Sudah lama saya pengen daftar, tapi tidak sempat dan tidak ada waktu untuk ke Kantor Cabang, soalnya saya kerja terus. Alhamdulillah tadi ada pelayanan pake mobil terus saya daftar dan pelayanannya cepat,” kata Nokib.

Diakhir, Luh Aris Aryandeni Utami mengatakan bahwa, pandemi tidak menyurutkan semangat para Duta BPJS Kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami akan terus bersama masyarakat dan akan memberikan pelayanan yang terbaik agar terwujudnya jaminan kesehatan yang berkuliatas,” tutupnya.

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia