Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Capaian Vaksinasi di Siliragung Rendah

21 Oktober 2021, 15: 15: 59 WIB | editor : Bayu Saksono

Capaian Vaksinasi di Siliragung Rendah

SIAPKAN RENCANA: Kepala Puskesmas Siliragung, dr. Y. Roni Satrio (pegang mik), Plt Camat Siliragung, Mujiono (kiri) dan Kapolsek Siliragung AKP Sumono menggelar rapat rencana vaksinasi dengan pemerintah desa di kantor Camat Siliragung, kemarin (19/10). (Sulhan Hadi/RaBa)

Share this      

SILIRAGUNG, Jawa Pos Radar Genteng – Capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Siliragung, hingga kini masih tergolong minim. Sampai saat ini, warga yang sudah melakukan vaksinasi masih 47 persen atau 19.928 orang dari 42.400 orang sasaran. Padahal, targetnya sudah harus mencapai 70 persen dari total sasaran.

Plt. Camat Siliragung, Mujiono mengatakan untuk vaksinasi ini sudah merapatkan barisan bersama TNI, Polri, dan Puskesmas. Langkah taktis yang akan dilakukan untuk meningkatkan vaksinasi, akan difokuskan di tingkat dusun. “Mulai Kamis (21/10), kita turun ke dusun-dusun,” katanya.

Menurut Mujiono, target vaksinasi belum terpenuhi itu karena beberapa hal, seperti di awal masa vaksinasi, ada warga yang mengikuti vaksinasi, tapi karena vaksinasinya berada di luar wilayah Kecamatan Siliragung, maka warga itu tidak tercatat di data base. “Ada warga Siliragung ikut vaksinasi di luar kecamatan,” dalihnya.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Nyaris Tembus 50 Persen

Selain itu, terang dia, wilayah Kecamatan Siliragung itu sangat luas dan terpencil seperti perkampungan di Mbaung, Desa Barurejo. Juga ada perkampungan yang berada di pinggiran hutan, dan warganya kesulitan untuk mengikuti vaksinasi. “Sebenarnya satgas sudah maksimal, tapi wilayah kita luas,” ujarnya.

Untuk mencapai target 70 persen, terang dia, diperlukan 10.046 vaksinasi. Dengan mengacu pelaksanaan yang hanya sepekan, maka dalam sehari harus selesai 1.500 dosis dan dilakukan secara marathon. “Kamis itu di vaksinasi di Tegalwagah 600 dosis, Siliragung 600 dosis, dan di Desa Barurejo 900 dosis,” katanya.

Kepala Puskesmas Siliragung, dr. Y. Roni Satrio menyatakan untuk mendukung vaksinasi agar bisa mencapai 70 persen itu, pihaknya akan meminta dukungan relawan tenaga kesehatan (nakes) ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi. “Tapi untuk serbuan di hari pertama, belum mendapat dukungan nakes,” cetusnya.

Itu karena para nakes akan dipusatkan mengikuti serbuan yang diselenggarakan di wilayah Kecamatan Kabat. Kendala lain yang sampai saat ini belum ada kepastian, terkait ketersediaan vaksin. Saat ini, jumlah vaksin yang dimiliki masih cukup digunakan untuk dua hari. “Kita punya 2.200 dosis, tapi itu masanya untuk dua hari,” ungkapnya.

(bw/sli/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia