Rabu, 27 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

RSUD Blambangan Layani Pemeriksaan Audiometri

15 September 2021, 12: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RSUD Blambangan Layani Pemeriksaan Audiometri

PROFESIONAL: Dokter Mashari Sp THT melakukan pemeriksaan audiometri di Klinik THT RSUD Blambangan Banyuwangi. (Virna RSUD Blambangan for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI - Layanan kesehatan untuk menyelesaikan permasalahan atau keluhan, tentu harus ditunjang fasilitas kesehatan yang menyeluruh, dan ditangani orang yang berkompeten di bidangnya.

Ada beberapa permasalahan yang kerap dihadapi, khususnya dalam hal problem pendengaran. Seperti sering meminta seseorang untuk mengulang pembicaraan. Telinga berbunyi atau berdering. Sering menyalakan radio, televisi atau musik dengan volume yang tinggi. Orang lain memberi tahu bahwa kita berbicara dengan keras. Serta kesulitan mengikuti pembicaraan.

Apabila ada salah satu masalah pendengaran itu dirasakan, jangan takut dan periksakan kondisi Anda sedini mungkin di Poliklinik Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) RSUD Blambangan Banyuwangi. RSUD Blambangan ada layanan pemeriksaan audiometri.

Baca juga: Vaksinasi Lima Hari Tembus 58 Ribu

Pemeriksaan audiometri adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan mendengar dan mendeteksi masalah pada pendengaran sejak dini.

Pemeriksaan audiometri dilakukan menggunakan sebuah mesin yang disebut audiometer untuk menghasilkan suara dengan volume dan frekuensi yang berbeda-beda. Tak hanya untuk mendeteksi gangguan pendengaran, pemeriksaan audiometri juga dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin (check-up).

Pemeriksaan audiometri ini biasanya membutuhkan waktu selama 30–60 menit. Tes ini tidak membutuhkan persiapan khusus sebelumnya dan tidak menimbulkan risiko apa pun. Selama menjalani pemeriksaan, Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari audiolog.

Jika pasien mengalami beberapa gejala gangguan pendengaran, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar pemeriksaan dan tes pendengaran (termasuk tes audiometri) dapat dilakukan untuk menilai seberapa baik kemampuan pendengaran Anda.

Apabila hasil tes menunjukkan ada gangguan pendengaran, dokter mungkin akan menyarankan untuk menggunakan alat bantu dengar. Ini agar tidak mengganggu kualitas hidup dan menimbulkan kesulitan dalam berkomunikasi.

(bw/rbs/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia