Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Vaksinasi Booster Ketiga Dimulai, Tahap Awal Fokus Lansia

14 Januari 2022, 14: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Vaksinasi Booster Ketiga Dimulai, Tahap Awal Fokus Lansia

Ikhtiar untuk mengakhiri pandemi terus digaungkan. Salah satunya dengan memberlakukan vaksin booster ketiga bagi masyarakat. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – Suntikan booster ketiga untuk masyarakat secara nasional mulai digencarkan. Di Banyuwangi sendiri, suntikan booster ketiga Covid-19 sudah dimulai Selasa (12/1) lalu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat mengatakan, Kabupaten Banyuwangi kembali menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang mengawali proses vaksinasi booster ketiga. Rencananya, hari ini proses vaksinasi akan dilakukan secara serentak.

Sesuai dengan instruksi dari pusat, sasaran awal yakni para lansia dan masyarakat yang masuk kategori rentan dari penularan Covid-19. ”Sesuai arahan pemerintah pusat, kita sasar masyarakat umum yang rentan dan lansia. Mereka bisa vaksin booster setelah menyelesaikan dua dosis tentunya,” kata Amir.

Baca juga: Siapkan Rp 20 M untuk Penanganan Covid-19

Untuk pemberian vaksin dosis ketiga ini akan disesuaikan dengan vaksin sebelumnya. Semisal, lansia yang pada dosis pertama dan kedua mendapatkan vaksin jenis AstraZeneca (AZ) atau Pfizer, maka untuk booster ketiganya akan mendapatkan vaksin jenis Moderna.

Sedangkan lansia yang mendapat vaksin jenis Sinovac pada dosis pertama dan keduanya, maka untuk booster ketiganya akan diberikan vaksin jenis AstraZeneca atau Pfizer.

Amir mengatakan, vaksin jenis Sinovac tidak digunakan sebagai booster sesuai dengan arahan dari Menteri Kesehatan. ”Untuk stok kita aman. Semua sudah kita sesuaikan. Dari Pfizer, Moderna, AZ, dan Sinovac untuk vaksin anak semuanya ada. Kalau habis kita tinggal minta ke provinsi,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) usai disuntik vaksin jenis Moderna, Amir mengatakan skrining untuk para lansia akan dilakukan dengan ketat. Sasaran juga sudah diinformasikan terlebih dahulu untuk menyiapkan kondisi fisiknya, mulai dari makanan hingga olahraga. ”Memang ada beberapa yang muncul KIPI-nya, ada juga yang tidak, tapi kita persiapkan. Untuk awal vaksin booster menyasar lansia, nanti setelahnya nanti pelayan publik,” tandasnya. 

(bw/*/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia