Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Siapkan Vaksinasi Booster untuk 197.793 Lansia

14 Januari 2022, 18: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Siapkan Vaksinasi Booster untuk 197.793 Lansia

TETAP SEMANGAT: Para lansia mendapatkan layanan suntik booster dosis ketiga di Puskesmas Sobo, Kamis (13/1). (Amir Hidayat for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi mulai memberikan vaksin virus korona (Covid-19) dosis ketiga atau booster Kamis (13/1). Pemberian vaksin booster diutamakan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Vaksin booster dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan ini juga tidak sembarangan. Yang bisa divaksin yakni para lansia dan kelompok rentan yang sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan. ”Jika ada lansia dan kelompok rentan yang sudah vaksin dosis kedua tapi waktu jedanya belum enam bulan, hanya tinggal menunggu waktu saja,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat.

Menurut Amir, jumlah sasaran vaksinasi booster ketiga ini tercatat ada 197.793 orang lansia dan 913.709 orang masyarakat kelompok rentan. ”Layanan vaksin booster ketiga ini gratis dan bisa dilayani di seluruh fasilitas kesehatan se-Kabupaten Banyuwangi,” terangnya.

Baca juga: Projo Vaksinasi Booster di Muncar

Vaksinasi dosis ketiga ini sudah bisa diakses dan dilayani di 45 puskesmas yang tersebar di seluruh Banyuwangi. Oleh karena itu, imbuh Amir, masyarakat bisa ikut memberikan sosialisasi kepada lansia dan kelompok masyarakat rentan agar bisa segera mendapatkan layanan tersebut. ”Masyarakat lansia yang sudah dosis kedua dengan waktu jeda enam bulan mohon segera datang ke puskesmas,” katanya.

Untuk kombinasi pemberian vaksin dosis ketiga ini juga akan mempertimbangkan pemberian vaksin dosis pertama dan kedua. Jika dosis pertama dan kedua Sinovac, maka booster ketiga bisa dengan AstraZeneca atau Pfizer. Sementara jika dosis pertama dan kedua AstraZeneca, booster ketiga bisa disuntikkan Moderna atau Pfizer.

Amir mengatakan, pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster ini diharapkan dapat melindungi masyarakat Banyuwangi khususnya kelompok rentan dan lansia dari Covid-19 varian terbaru, seperti varian Delta yang lebih ganas dan juga Omicron yang kini mulai merebak.

Seiring berjalannya waktu, kekebalan akan terus berkurang. Dengan pemberian booster atau suntikan tambahan ini diharapkan antibodi akan kembali meningkat sehingga proteksinya tetap optimal. ”Vaksin dosis pertama dan kedua sudah mulai membentuk dan memperkuat antibodi, maka perlu efikasi vaksin tambahan untuk lebih memperkuat imun atau antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya,” tandas Amir. 

(bw/ddy/aif/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia