Selasa, 25 Jan 2022
Radar Banyuwangi
Home / Kesehatan
icon featured
Kesehatan

RSUD Blambangan Didukung 17 Unit Mesin Cuci Darah

01 Desember 2021, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RSUD Blambangan Didukung 17 Unit Mesin Cuci Darah

PUTAR: Perawat mengoperasikan mesin cuci darah di ruang Hemodialisa RSUD Blambangan Banyuwangi. (Virna RSUD Blambangan for RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI – RSUD Blambangan Banyuwangi terus meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Salah satunya, dengan layanan hemodialisis (cuci darah) bagi pasien gagal ginjal.

Hemodialisis merupakan salah satu dari terapi pengganti ginjal. Ini digunakan pada penderita dengan penurunan fungsi ginjal, baik akut maupun kronik. Hemodialisis dapat dikerjakan untuk sementara waktu. Misalnya pada pasien dengan gagal ginjal akut, atau dapat pula untuk seumur hidup. Misalnya pada pasien dengan gagal ginjal kronik.

Sementara itu, Unit Hemodialisa RSUD Blambangan memiliki total 17 unit mesin cuci darah. Yang beroperasi rutin sebanyak 15 unit mesin cuci darah model Surdial 55 Plus. Di mana, 14 unit mesin dipakai untuk pasien dengan HbsAg negative. Sedangkan satu unit mesin lagi, khusus digunakan untuk melayani pasien dengan HbsAg positif.

Baca juga: Deklarasi Obat Tradisional Berkhasiat Tanpa Bahan Kimia Obat

Sedangkan dua unit mesin sisanya berfungsi sebagai back up. Dua mesin cadangan ini beroperasi, apabila ada mesin yang mengalami trouble. Keduanya akan beroperasi sambil menunggu kedatangan teknisi dari Nipro untuk melakukan perbaikan mesin yang trouble di Banyuwangi.

Unit Hemodialisa RSUD Blambangan juga melayani tindakan untuk pasien yang berasal dari rumah sakit lain. Terutama RS yang belum memiliki unit hemodialisa sendiri. Ada juga pasien yang sudah rutin menjalani hemodialisa di rumah sakit lain, yang sedang berkunjung atau mudik ke Banyuwangi, dengan membawa surat Traveling Hemodialisa dari rumah sakit asal.

Layanan cuci darah ini dapat menggunakan bermacam jaminan kesehatan.  Pasien umum, BPJS Kesehatan, dan berbagai jenis asuransi jaminan kesehatan lainnya.

Sebelum dilakukan tindakan cuci darah, pasien bisa berkonsultasi dan dilakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu ke Klinik Penyakit Dalam RSUD Blambangan. Selanjutnya, akan dijadwalkan untuk tindakan cuci darahnya.

Saat ini, Unit Hemodialisis RSUD Blambangan Banyuwangi sudah mengembangkan ruang Hemodialisis menjadi 45 mesin. Untuk operasionalnya menunggu terbitnya izin operasional yang pada saat ini masih dalam proses. 

(bw/rbs/als/JPR)

©2022 PT. JawaPos Group Multimedia