Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Features
icon featured
Features

KakekAwi, Tukang Becak Gemar Baca Koran, Paling Suka Berita Olahraga

25 September 2021, 15: 35: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

KakekAwi, Tukang Becak Gemar Baca Koran, Paling Suka Berita Olahraga

GEMAR BACA: Awi Suryono menunggu penumpang di atas becaknya sambil membaca koran bekas, Kamis (23/9) kemarin. (Humaidi/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

SITUBONDO – Meski sudah tua, seorang kakek tukang becak tetap aktif menggali informasi melalui media cetak. Sembari menuggu penumpang, dia menghabiskan waktu senggangnya  dengan membaca.

Saat dihampiri koran ini, kakek Awi Suryono sedang asyik membaca koran di atas becaknya. Warga Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo itu mengaku hampir tiap hari dia selalu menyempatkan membaca. Dirinya memanfaatkan surat kabar sebagai media untuk menggali informasi dengan cara meminjamnya.

Iya, untuk menyalurkan minat bacanya itu,  Kakek Awi rutin mendatangi tempat tertentu yang bisa dia pinjami. Usai membaca, dia kembalikan kepada pemiliknya. "Setiap pagi saya cari orang yang berlangganan koran. Kadang koran itu saya baca di tempat orang itu yang punya koran, kadang saya bawa ke sini tempat mangkal," ungkapnya.

Baca juga: Kisah Nenek Pemecah Batu di Situbondo, Seminggu Hanya Dapat Rp 90 Ribu

Kakek Awi ingin selalu mengetahui perkembangan informasi. Namun, dia tidak punya media khusus untuk mengaksesnya. Misalnya televisi atau smartphone. Dulu Sempat punya radio, tapi sudah rusak. “Kalau langganan koran saya tidak pernah, karena uang yang digunakan untuk bayar tidak ada. Pekerjaan saya hanya tukang becak, kadang ada penumpang, sering juga sepi penumpang," jelasnya.

Dia mengaku memiliki minat baca sejak masih muda. Itu terus terbawa hingga kini. “Kesukaan membaca itu memang sudah kebiasaan saya dari dulu, mungkin untuk saat ini sudah ada banyak hape yang canggih. Tapi, itu sudah bukan saya yang bisa menikmati, tinggal urusan yang muda-muda, saya baca (koran) ini saja,” pungkasnya.

Kakek Awi suka membaca apa saja yang mengandung informasi. Baik lokal maupun nasional. “Setidaknya dengan membaca saya bisa tahu peristiwa yang terjadi, soal politik, hingga pejabat yang korupsi. Yang paling saya suka lagi, adalah olahraga khususnya bola,” jelasnya. (mg1/pri)

(bw/*/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia