Sabtu, 23 Oct 2021
Radar Banyuwangi
Home / Features
icon featured
Features

Susu Kambing Ettawa Paling Diburu Konsumen Pria

20 September 2021, 12: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Susu Kambing Ettawa Paling Diburu Konsumen Pria

TERBATAS: Produksi susu Kambing Ettawa yang diperas secara tradisional tidak sebesar produksi susu sapi. (Ramada Kusuma/RadarBanyuwangi.id)

Share this      

BANYUWANGI juga merupakan produsen susu kambing. Bahkan, sejumlah peternakan kambing di kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini menjadikan produksi susu sebagai lini bisnis utama.

Salah satu jenis kambing yang banyak dikembangkan untuk produksi susu adalah Peranakan Etawa (PE). Maklum, susu kambing jenis ini relatif lebih tinggi dibanding kambing jenis lain, termasuk kambing Saanen.

Sejumlah warga meyakini susu kambing etawa maupun kambing PE memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya dapat membantu menyembuhkan penyakit maag, gangguan pernapasan, diabetes, kanker, hingga pengeroposan tulang.

Baca juga: Limbah Masker Nonmedis Dikreasi Jadi Vas Bunga

Salah satu warga, Agus mengaku gemar mengonsumsi susu kambing etawa. Dia mengaku, selain meyakini susu kambing etawa bisa membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit, minum susu kambing jenis yang satu ini juga dapat meningkatkan stamina. ”Minum susu kambing etawa baik untuk vitalitas pria,” kata pria yang tinggal di wilayah Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi.

(bw/sgt/rbs/als/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia