Kamis, 02 Dec 2021
Radar Banyuwangi
Home / Events
icon featured
Events
Kafe Kontes 2021

Amati Seni Artistik Bangunan hingga Menu

26 November 2021, 08: 42: 01 WIB | editor : Bayu Saksono

Amati Seni Artistik Bangunan hingga Menu

Share this      

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Dewan juri terus berkeliling melakukan kunjungan dan penilaian Kafe Kontes 2021. Sejumlah kriteria yang dinilai dewan juri di antaranya bangunan, seni artistik, konsep, kearifan lokal, dan ornamen bangunan.

Juri juga memperhatikan ornamen hiasan seperti lukisan, foto, seragam, menu, hingga peralatan protokol kesehatan (prokes). Selain itu juga fasilitas, peruntukan lahan, dan tempat parkir.

Masih seperti hari-hari sebelumnya, juri tidak melakukan komunikasi sebelumnya dengan peserta terkait rencana kedatangan ke tempat yang akan dikunjungi. ”Begitu datang tim juri langsung berkeliling melihat kesesuaian foto dan video yang dikirimkan, termasuk melihat klausul yang masuk dalam kriteria penilaian,” ungkap Manajer Event Jawa Pos Radar Banyuwangi Gerda Soekarno.

Baca juga: Segoro Cafe Susul Umbul Bening Like Terbanyak

Amati Seni Artistik Bangunan hingga Menu

Selama berkeliling, tim juri tidak menemukan halangan atau kendala yang berarti. Rata-rata pemilik usaha warung/kafe atau peserta sudah bisa memahami kedatangan tim juri yang lebih banyak berjalan-jalan ke areal lokasi yang akan dinilai. ”Tidak hanya fasilitas, kami juga melihat langsung menu yang disajikan,” katanya.

Tidak sedikit peserta yang terkejut. Sebab, juri memang datang secara mendadak dan tidak memberi kabar lebih dahulu. ”Juri memang tidak memberi tahu lebih dulu dengan jadwal acak dan tempat yang dikunjungi juga acak agar terlihat riil apa adanya,” kata Gerda.

Selain segi bangunan yang meliputi nilai artistik dan kearifan lokal, juri juga memperhatikan sirkulasi cahaya dan udara pada masing-masing warung/kafe peserta. ”Peserta tidak perlu ada persiapan khusus, sehingga kondisinya benar-benar alami dan apa adanya yang setiap hari dilakukan. Bukan justru dibuat-buat karena ada momen lomba,” tandas Gerda. 

(bw/ddy/rbs/JPR)

©2021 PT. JawaPos Group Multimedia